Proses Berpikir Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Aritmetika Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Matematika
Students' Mathematical Thinking Process in Solving Arithmetic Sequences and Series Problems in term of the Level of Mathematical Anxiety
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir matematis siswa yang memiliki tingkat kecemasan matematika rendah, sedang, dan tinggi dalam meyelesaikan soal Barisan dan Deret Aritmetika.
Tiga siswa perempuan kelas XI SMAN 1 Pamekasan tahun ajaran 2022/2023 yang memiliki kemampuan setara berdasarkan hasil tes kemampuan matematika dan mewakili setiap tingkat kecemasan matematika yaitu rendah, sedang, dan tinggi, dipilih menjadi subjek penelitian. Data proses berpikir dilakukan dua kali melalui Tes Proses Berpikir yang berisi soal tentang Barisan dan Deret Aritmetika dan wawancara. Hasil dari kedua tes dan wawancara tersebut divalidasi menggunakan triangulasi waktu. Hasil tes dan wawancara dianalisis untuk mendeskripsikan proses berpkir matematis siswa.
Siswa dengan kecemasan matematika rendah, sedang, dan tinggi memiliki proses berpikir yang berbeda. Pada fase entry, siswa dengan tingkat kecemasan rendah mengidentifikasi semua informasi yang ada dan menggunakannya untuk menyelesaikan soal. Dia membandingkan semua soal yang pernah dihadapi dan mewaspadai ambiguitas, Pada fase attack siswa dengan tingkat kecemasan rendah memiliki beberapa dugaan untuk menyelesaikan soal dan mampu meyakinkan diri sendiri bahwa dugaan tersebut benar dengan memberikan alasan yang logis. Pada fase review, siswa dengan tingkat kecemasan rendah mengalami kesulitan ketika mengerjakan langkah kedua yaitu menghitung bilangan kelipatan dengan tiga angka sekaligus. Dia juga menemukan bahwa hitung manual dapat menyelesaikan soal yang dihadapi. Pada fase entry, siswa dengan tingkat kecemasan sedang mengidentifikasi semua informasi yang ada dan menggunakannya untuk menyelesaikan soal. Dia membandingkan semua soal yang pernah dihadapi dan mewaspadai ambiguitas. Namun, dia tetap terkecoh ketika melakukan perhitungan. Pada fase attack siswa dengan tingkat kecemasan sedang memiliki dugaan untuk menyelesaikan soal yaitu menghitung jumlah bilangan kelipatan tertentu kemudian mencari jumlah bilangan kelipatan dengan dua bilangan lainnya. Kemudian dia mencari selisih dari keduanya dan mampu meyakinkan diri sendiri bahwa dugaan tersebut benar meski sedikit ragu. Pada fase review, siswa dengan tingkat kecemasan sedang mengalami kesulitan ketika mengerjakan langkah kedua yaitu menghitung bilangan kelipatan dengan tiga angka sekaligus. Dia tidak menemukan cara lain untuk menyelesaikan soal yang dihadapi. Pada fase entry, siswa dengan tingkat kecemasan tinggi mengidentifikasi semua informasi yang ada dan menggunakannya untuk menyelesaikan soal. Dia membandingkan semua soal yang pernah dihadapi dan tidak mewaspadai ambiguitas. Pada fase attack siswa dengan tingkat kecemasan tinggi memiliki dugaan untuk menyelesaikan soal yaitu menghitung jumlah bilangan kelipatan tertentu kemudian mencari jumlah bilangan kelipatan dengan dua bilangan lainnya. Kemudian dia mencari selisih dari keduanya dan tidak mampu meyakinkan diri sendiri bahwa dugaan tersebut benar karena jawaban yang diperoleh berbeda dengan jawaban temannya. Pada fase review, siswa dengan tingkat kecemasan tinggi mengalami kesulitan ketika mengerjakan langkah kedua yaitu menghitung bilangan kelipatan dengan dua angka sekaligus. Dia menemukan bahwa hitung manual dapat digunakan untuk menyelesaikan soal yang dihadapi.
The research aims to describe the mathematical thinking processes of students who have low, medium, and high levels of math anxiety in solving Arithmetic Sequences and Series problems.
Three female students on 11th grade from SMAN 1 Pamekasan year 2022/2023 who have equivalent abilities based on the results of the math ability test and represent each level of math anxiety namely low, medium, and high, were selected as research subjects. Thinking process data was collected twice through the Thinking Process Test which contained questions about Arithmetic Sequences and Series and interviews. The results of the two tests and interviews were validated using time triangulation. The results of tests and interviews were analyzed to describe students' mathematical thinking processes.
Students who have low, medium, and high math anxiety have different thought processes. At the entry phase, students with low anxiety levels identify all available information and use it to solve problems. She compared all the problems he had ever faced and was wary of ambiguity. At the attack phase, students with low levels of anxiety have several conjectures to solve the problem and are able to convince themselves that these conjectures are correct by providing logical reasons. At the review phase, students with low levels of anxiety had difficulty doing the second step, namely calculating multiples of three digits at once. She also found that manual count could be solve the problems. At the entry phase, students with moderate levels of anxiety identify all available information and use it to solve problems. She compared all the problems he had ever faced and was wary of ambiguity. However, she was still fooled when doing the calculations. At the attack phase students with moderate levels of anxiety have conjectures to solve the problem, namely counting the number of multiples of a certain number and then looking for the number of multiples of two other numbers. Then she looked for the difference between the two and was able to convince herself that the conjecture was correct even though she had some doubts. At the review phase, students with moderate levels of anxiety experienced difficulty when doing the second step, namely calculating multiples of three digits at once. She did not find another way to solve the problem. At the entry phase, students with high levels of anxiety identify all available information and use it to solve problems. She compared all the problems she had ever faced and was not wary of ambiguity. At the attack phase students with moderate levels of anxiety have conjectures to solve the problem, namely counting the number of multiples of a certain number and then looking for the number of multiples of two other numbers. Then she looked for the differences between the two and was unable to convince herself that the conjecture was correct because the answers she obtained differed from those of her friends. At the review phase, students with high levels of anxiety had difficulty doing the second step, namely calculating multiples of two numbers at once. She found that manual arithmetic could be used to solve the problems.