Berdasarkan hasil pengamatan pada
kegiatan pembelajaran matematika yang dilakukan di kelas IV SDN Wuluh 1
Kesamben peneliti melihat bahwa
pembelajaran Pkn materi Globalisasi masih berpusat pada guru dan siswa kurang
memahami konsep Globalisasi. Dari permasalahan tersebut, peneliti melakukan
penelitian dengan menggunakan media Slide show untuk meningkatkan hasil belajar
mata pelajaran Pkn materi Globalisasi.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan
mendeskripsikan hasil belajar siswa sesudah pembelajaran globalisasi menggunakan
media slide show. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang
dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus terdiri empat tahap. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu pengamatan aktivitas guru, pengamatan aktivitas siswa, dan
tes. Metode penelitian yang digunakan dalam menganalisis data yang telah
terkumpul yaitu menggunakan metode deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dengan menggunakan media slide showdapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas
siswa, dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat peningkatan aktivitas
guru dalam kegiatan pembelajaran dari siklus I presentase 78,75% dan pada
siklus II meningkat menjadi 91,25%. Dari siklus I ke siklus II mengalami
peningkatan sebesar 12,50%, peningkatan aktivitas siswa dalam kegiatan
pembelajaran dari siklus I presentase 76,56% dan pada siklus II meningkat
menjadi 91,41%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar
14,85%, dan peningkatan hasil belajar siswa siklus I presentase 72,22% dan pada
siklus II meningkat menjadi 94,44%. Dari siklus I ke siklus II mengalami
peningkatan sebesar 22,22%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa materi globalisasi
dapat diajarkan dengan menggunakan media slide show karena dapat meningkatkan
aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Hasil Belajar, globalisasi,
Media slide show.
Based
on observations on mathematics learning activities carried out in grade IV SDN
Wuluh 1 Kesamben researchers saw that the learning of material learning
globalization was still centered on the teacher and students did not understand
the concept of globalization. From these problems, researchers conducted
research using Slide show media to improve learning outcomes of material
Globalization subjects.
The
purpose of this study is to describe teacher activities, describe student
activities, and describe student learning outcomes after learning globalization
using slide show media. This research is Classroom Action Research (CAR), which
is carried out in 2 cycles, each cycle consists of four stages. Data collection
techniques used are observation of teacher activity, observation of student
activities, and tests. The research method used in analyzing data that has been
collected is using quantitative descriptive method.
The
results showed that using slide show media could increase teacher activity,
student activity, and student learning outcomes. This can be seen from the
increase in teacher activity in learning activities from the first cycle
percentage of 78.75% and in the second cycle increased to 91.25%. From cycle I
to cycle II increased by 12.50%, increased activity of students in learning
activities from cycle I percentage 76.56% and in cycle II increased to 91.41%.
From cycle I to cycle II, it increased by 14.85%, and the increase in student
learning outcomes in the first cycle was 72.22% and in the second cycle
increased to 94.44%. From cycle I to cycle II, it increased by 22.22%. Thus it
can be concluded that globalization material can be taught using slide show
media because it can increase teacher activity, student activity, and student
learning outcomes in learning.
Keywords:
Learning Outcomes, Globalization, Media slide shows.