Implementation of Guided Inquiry Learning to Increase Science Literacy Ability of Students in SMP Negeri 2 Sidoarjo
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi sains yang dimiliki peserta didik SMP Negeri 2 Sidoarjo setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design. Rancangan penelitian menggunaan One Group Pretest-Posttest dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII-D SMP Negeri 2 Sidoarjo sebanyak 27 peserta didik. Instrumen menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes kemampuan literasi sains, dan lembar angket respon peserta didik sebagai data pendukung untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik. Metode analisis data keterlaksanaan dengan menghitung rerata skor setiap aspek berdasarkan kriteria keterlaksanaan pembelajaran. Metode perhitungan data peningkatan kemampuan literasi sains adalah dengan N-Gain. Kemudian, metode untuk menganalisis respon peserta didik adalah dengan menghitung jumlah jawaban positif dan persentasenya. Hasil keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berjalan dengan sangat baik dengan rerata skor 3,78. Uji wilcoxon menunjukkan mendapat nilai Asymp.Sig skor 0,000 (<0,05) sehingga H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan nilai rerata berupa peningkatan dari pretest ke posttest. Rerata skor N-gain sebesar 0,57 yang termasuk sebagai kriteria peningkatan sedang. Peserta didik memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran dengan rata-rata jawaban positif sebesar 82,10% yang termasuk dalam kriteria sangat baik.
The research aimed to describe the increase of scientific literacy skills on Vibration and Wave material for students of SMP Negeri 2 Sidoarjo after being taught the guided inquiry learning model. This research using pre-experimental design with the type of One Group Pretest-Posttest. The subjects were 27 students in the class of VIII-D SMP Negeri 2 Sidoarjo. The instruments used were observation sheets of learning implementation, scientific literacy ability test sheets, and student response questionnaire to support describing the increase of students scientific literacy skills. Implementation data analysis method used was by calculating the average score of each aspect based on learning implementation criteria. The increase in scientific literacy data is calculated using N-Gain. Then, the method for analyzing student responses was by counting the number of positive answers and their percentages. The results of the implementation of the guided inquiry learning model went very well with a mean score of 3.78. Wilcoxon test shows that the Asymp.Sig score gets a score of 0.000 (<0.05) so that H1 is accepted, which means that there is a difference in the mean value in the form of an increase from pretest to posttest. The average N-gain score is 0.57 which is included as a moderate improvement criterion. Students gave a positive response to learning process where the total average answer was 82.10 which was included in the very good criteria.