Tingginya tingkat urbanisasi di kota besar di Indonesia menimbulkan berbagai masalah sosial salah satunya adalah orang terlantar. Dengan adanya permasalahan tersebut, Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Kepolisian Daerah Jawa Timur meluncurkan aplikasi yang dinamakan Surat Keterangan Orang Terlantar (SKOT) Online yang berfungsi untuk memberikan pelayanan kepada orang terlantar di Jawa Timur, yang berfokus pada pembuatan Surat Keterangan Orang terlantar dan pemulangan orang terlantar ke daerah asal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Inovasi Pelayanan Kepolisian melalui Aplikasi Surat Keterangan Orang Terlantar (SKOT) Online di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Kepolisian Daerah Jawa Timur. Dalam hal ini jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskrptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori inovasi dengan teori penerapan inovasi melalui konsep De Meyer and Garg yang meliputi integrasi proyek dengan visi strategis organisasi, integrasi intertemporal antar fase-fase yang berbeda dalam proyek, integrasi lintas fungsi selama proyek berjalan, dan integrasi dengan lingkungan. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis menurut Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Peneltian ini menunjukkan bahwa Inovasi SKOT Online di SPKT Kepolisian Daerah Jawa Timur menurut indikator Manajemen dan Inovasi Menciptakan Nilai masih sudah cukup baik namun belum maksimal sebab masih ada beberapa kendala seperti masih digunakannya alamat web milik swasta, data E-KTP yang belum dapat di akses, dan penggunaan internet sebagai sarana akses web tersebut masih dirasa kurang memadai. Sehingga saran yang dapat diberikan yaitu memindahkan semua data ke server milik Polri dan menambahkan data E-KTP kedalam aplikasi tersebut.
Kata Kunci: Inovasi, Orang Terlantar, Pelayanan
The high level of urbanization in big cities in Indonesia raises various social problems, one of which is displaced people. With these problems, the East Java Integrated Police Service Center (SPKT) launched an application called the Online Declaration of Disappearances (SKOT) which serves to provide services to displaced people in East Java, which focuses on making the Certificate of Displaced Persons and Returns people displaced to the area of origin. The purpose of this study was to describe the Police Service Innovation through the Application of an Online Certificate of Neglected Persons (SKOT) at the East Java Regional Police Service Center (SPKT). In this case the type of research used is qualitative descriptive research method. This research uses innovation theory with the theory of the application of innovation through the De Meyer and Garg concept which includes project integration with the organization's strategic vision, intertemporal integration between different phases in the project, cross-functional integration during the project running, and integration with the environment. Data analysis techniques researchers used analytical techniques according to Miles and Huberman which included data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that SKOT Online Innovation at SPKT East Java Regional Police according to Management and Creating Innovation Value indicators are still quite good but not optimal because there are still some obstacles such as still being used by private web addresses, E-KTP data that cannot be accessed , and the use of the internet as a means of accessing the web is still considered inadequate. So that the advice that can be given is to move all the data to the police server and add E-KTP data to the application.
Keywords: Innovation, Neglected Persons, Services