Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dengan Pendekatan STEM Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik
The Effectiveness of Blended Learning Model with STEM Approach in an Effort to Improve Student Critical Thinking Ability
Hasil PISA tahun 2019 menyatakan pelajar Indonesia memiliki kemampuan berfikir kritis yang tergolong rendah. Sehingga perlu adanya model pembelajaran yang mendorong berkembangnya berfikir kritis yaitu blended learning dengan pendekatan STEM yang menekankan pembelajaran pada masalah dikehidupan nyata. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) keterlaksanaan pembelajaran blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatakan kemampuan berfikir kritis, (2) peningkatan keterampilan berfikir kritis, dan (3) efektivitas model pembelajaran blended learning dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berfikir kritis. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas XI IPS 3 di SMAN 1 Puri dengan jumlah peserta didik 30 anak. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu menggunakan rancangan one-group pretest-posttest. Data yang dikumpulkan yaitu hasil lembar keterlaksanaan pembelajaran, hasil tes kemampuan berfikir kritis, dan hasil respon peserta didik. Penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil (1) keterlaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik, (2) ketrampilan berfikir kritis peserta didik meningkat secara signifikan, dan (3) model pembelajaran blended learning dengan pendekatan STEM efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran blended learning dengan pendekatan STEM secara efektif dan signifikan dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik.
The 2019 PISA results state that Indonesian students have low critical thinking skills. So it is necessary to have a learning model that encourages the development of critical thinking such as blended learning with a STEM approach that emphasizes learning on real life problems. The research objectives were to determine (1) the implementation of blended learning with the STEM approach to improve critical thinking skills, (2) to increase critical thinking skills, and (3) the effectiveness of the blended learning learning model with the STEM approach to critical thinking skills. The research subjects used were class XI IPS 3 at SMAN 1 Puri with 30 students. This type of research is a quasi-experiment using a one-group pretest-posttest design. The data collected were the results of the learning implementation sheet, the results of the critical thinking skills test, and the results of the students' responses. The research conducted got the results (1) the implementation of learning went well, (2) the critical thinking skills of students increased significantly, and (3) the blended learning model with the STEM approach was effective to improve students' critical thinking skills. Thus it can be concluded that the blended learning model with the STEM approach can effectively and significantly improve students' critical thinking skills.