Review : Effect Size Model Mastery Learning dalam Pembelajaran Kimia
Artikel review ini bertujuan untuk mengidentifikasi effect size model mastery learning dalam pembelajaran kimia. Penulisan artikel review ini menggunakan desain penelitian meta analisis dengan menggunakan metode Glass. Dilakukan uji effect size dengan perbandingan hasil 5 literatur penelitian yang relevan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk memperoleh sampel. Berdasarkan uji effect size, diperoleh nilai effect size pada pembelajaran kimia dengan model mastery learning diantaranya yaitu 1) hasil belajar sebesar 1,32. 2) aktivitas belajar yang ditunjukkan dengan kreativitas peserta didik sebesar 4 dan aktivitas peserta didik sebesar 0,48. 3) respon peserta didik yang ditunjukkan dengan minat dan motivasi belajar peserta didik yaitu sebesar 21,98 dan 0,75. 4) peserta didik laki-laki memiliki nilai effect size lebih besar daripada peserta didik perempuan yaitu 24,53 dan 22,77. Hasil belajar peserta didik dapat meningkat dengan menggunakan model mastery learning. Peserta didik memiliki respon positif terhadap model mastery learning ditunjukkan dengan peserta didik sangat antusias, kritis dan lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Model mastery learning dapat digunakan sebagai alternatif untuk mencapai ketuntasan belajar dalam pembelajaran kimia.
Kata kunci: effect size, mastery learning, pembelajaran kimia.
This review article aims to identify the effect size of the mastery learning model in chemistry learning. The writing of this review article uses a meta-analysis research design using the Glass method. An effect size test was performed with a comparison of the result of 5 relevant research literature. In this study using purposive sampling technique to obtain samples. Based on the effect size test, the effect size value obtained in chemistry learning with the mastery learning model includes 1) learning outcomes of 1.32. 2) learning activities shown by the creativity of students by 4 and activities of studens by 0,48. 3) the response of students as indicated by the interest and motivation of learning students, namely 21,98 and 0,75. 4) male students have a greater effect size than female students, namely 24,53 and 22,77. Student learning outcomes can be increased by using the mastery learning model. Students have a positive response to the mastery learning model indicated by students are very enthusiastic, critical and easier to understand the material being taught. The mastery learning model can be used as an alternative to achieve mastery learning in chemistry learning.
Keywords : effect size, mastery learning, chemistry learning