Pengembangan Buku Panduan Program Pembelajaran Literasi Baca-Tulis Bagi Anak Usia Dini
The Development Of Leraning Program Guide Book For Reading And Writing Literacy Of Early Childhood
Di Indonesia literasi menjadi hal yang kurang diperhatikan dalam pendidikan dikarenakan kurangnya pemahaman guru tentang makna literasi yang sebenarnya. Terutama literasi baca-tulis yang merupakan salah satu bagian dari enam literasi dasar yang harus ditanamkan pada anak sejak dini. Literasi baca-tulis ontuk anak usia dini tidak hanya berkaitan dengan kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga berkaitan dengan kemauan dan bagaimana anak-anak mampu menerima dan mengolah informasi yang diperoleh. Kurangnya pemahaman tersebut mengakibatkan guru di lembaga PAUD tidak memiliki arahan khusus dalam melaksanakan program pembelajaran yang dapat mengembangkan literasi baca-tulis dalam diri anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan sebuah produk berupa buku panduan program kegiatan pembelajaran literasi baca-tulis bagi anak usia dini yang ditujukan untuk lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini, sehingga dapat diimplementasikan untuk membantu guru dalam menanamkan serta mengembangkan minat literasi baca-tulis pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and evaluated). Pengumpulan dan analisis data dilakukan menggunakan teknik wawancara dan angket secara online dan disajikan menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa buku panduan layak digunakan dengan persentase kelayakan materi 84% dan persentase kelayakan media 76%; 2) Penilaian yang diberikan oleh 10 guru TK-B menunjukkan bahwa buku panduan sangat baik dan layak dengan persentase kelayakan 89%. Maka dapat disimpulkan bahwa menurut ahli materi, ahli media dan 10 guru TK-B, buku panduan program kegiatan pembelajaran literasi baca-tulis bagi anak usia dini layak dilanjutkan pada tahap implementasi dan dapat digunakan untuk menambah pemahaman guru dan sebagai rekomendasi guru dalam menanamkan minat literasi baca-tulis pada anak usia dini.
Kata Kunci: literasi baca-tulis, buku panduan, anak usia dini
In Indonesia literacy has gotten little attention in education due to teachers' lack of understanding of the meaning of literacy. Especially reading and writing literacy which is one part of the six basic literacy that must be instilled in children from an early age. Reading and writing literacy for early childhood is not only related to the ability to read and write, but also relates to the willingness and how children are able to receive and process the information obtained. This lack of understanding causes teachers in PAUD institutions to not have specific directions in implementing learning programs that can develop literacy in early childhood. This study aims to produce and know of eligibility a guidebook as a product for learning literacy activities for early childhood aimed at early childhood education institutions so that it can assist teachers in instilling and developing interest in literacy in early childhood. This research is a Research and Development (RnD) type using the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and evaluation) model. Data collection and analysis were carried out using interview techniques and online questionnaires and served using descriptive analysis. The results of the analysis obtained show that: 1) The validation carried out by material and media experts shows that the guidebook is suitable for use with the percentage of material feasibility of 76% and the percentage of media eligibility 84%; 2) The assessment given by 10 TK-B teachers showed that the guidebook was excellent and proper, with an 89% eligibility percentage. So it can be concluded that according to material experts, media experts and 10 TK-B teachers, the program guide book for reading-writing literacy learning activities for early childhood can continued at the implementation stage and increase teacher understanding and as a teacher recommendation in instilling interest in reading-writing literacy in early childhood.
Keywords:. read-write literacy, guide book, early childhood