TIPOLOGI TANDA VISUAL PADA POSTER DRAMA SERIAL STRANGER THINGS MUSIM 3
TYPOLOGY OF VISUAL SIGNS ON STRANGER THINGS SEASON 3 DRAMA POSTER
Selain memperhatikan aspek visualnya, poster juga harus mampu menyampaikan pesan dengan baik. Seperti halnya poster Stranger Things musim 3 yang dibuat dengan ilustrasi digital karya Kyle Lambert. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisis makna tanda dan mengetahui bagaimana relasi antar tanda yang terdapat pada elemen-elemen visual yang ada pada poster tersebut. Pada poster di atas terdapat tanda-tanda visual seperti bayangan hitam, orang-orang di dalam poster, unsur tempat, serta warna, layout, ilustrasi, dan juga tipografi. Penelitian ini memanfaatkan data primer (poster Stranger Things 3) dan data sekunder (buku, dokumen, dan artikel). Teknik analisis data menggunakan 4 (empat) tahapan Kritik Seni Feldman meliputi deskripsi umum, analisis formal, interpretasi, dan evaluasi. Selanjutnya data yang diperoleh tersebut diolah dan dideskripsikan sehingga menghasilkan informasi yang menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika triadik dari Charles Sander Peirce yang meliputi ikon, indeks, dan simbol pada tahapan interpretasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa poster Stranger Things Musim 3 memiliki tanda-tanda visual yang didalamnya, ilustrasi dan warna neon menggambarkan era 80an yang menjadi latar waktu dalam cerita. Poster ini menampilkan rasa mencekam, menakutkan namun terdapat rasa meriah, hal ini ditampilkan melalui pemilihan unsur-unsur desain seperti gambar ilustrasi, warna, tipografi, dan layout.
In addition to paying attention to the visual aspect, the poster must also be able to convey the message well, like the Stranger Things Season 3 poster, digitally illustrated by Kyle Lambert. The purpose of this paper is to analyze the sign's meaning and find out the relationship between the signs contained in the visual elements on the poster. In the poster above, there are visual signs such as black shadows, people in the poster, elements of place, as well as colors, layouts, illustrations, and typography. This research utilizes primary data (poster Stranger Things 3) and secondary data (books, documents, and articles). The data analysis technique used 4 (four) stages of Feldman's Art Criticism, including general description, formal analysis, interpretation, and evaluation. Furthermore, the data obtained is processed and described to produce information that answers research questions. This study uses a qualitative descriptive method with a triadic semiotic approach from Charles Sander Peirce, which includes icons, indexes, and symbols at the interpretation stage. The results of this study indicate that the Stranger Things Season 3 poster has visual signs, illustrations, and neon colors depicting the 80s era, which is the time setting in the story. This poster displays a sense of eerie and scary but has a sense of excitement. This is shown through the selection of design elements such as illustrations, colors, typography, and layouts.