KAJIAN SEMIOTIKA (記号論的研究) TANDA VERBAL DALAM IKLAN PRODUK KECANTIKAN KOSE-SEKKISEI (コーセー雪肌精)
SEMIOTICS STUDY (記号論的研究) VERBAL SIGNS IN KOSE-SEKKISEI (コーセー雪肌精) BEAUTY PRODUCT ADVERTISING
Iklan hampir selalu ditemukan di mana-mana. Dalam periklanan, bahasa umumnya merupakan sarana untuk menegaskan, merujuk atau hanya menyatakan makna subtekstual. Bahasa sebagai tanda dalam iklan tidak pernah membawa makna tunggal. Tanda-tanda tersebut menyampaikan informasi atau pesan baik secara verbal maupun nonverbal sehingga bersifat komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda verbal dan maknanya dalam iklan produk kecantikan Kose-Sekkisei. Peneliti menggunakan teori semiotika Peirce yang membagi tanda menjadi Ikon, Indeks dan Simbol untuk menganalisis iklan ini. Data tersebut kemudian dilihat melalui hubungan Triadik. Melalui analisis tanda verbal iklan produk kecantikan Kose-Sekkisei, diketahui bahwa pada tanda Ikon kata-kata yang digunakan untuk merujuk pada efek yang diperoleh saat menggunakan produk kecantikan Kose-Sekkisei. Tanda Indeks menemukan bahwa Kose-Sekkisei memberikan solusi untuk masalah kulit dengan menggunakan produk Kose-Sekkisei. Sementara itu, tanda Simbol menemukan bahwa wanita setuju bahwa kulit yang indah membuat wanita terlihat cantik.
Advertising is almost always found everywhere. In advertising, language is generally a means of affirming, referring to or merely stating subtextual meanings. Language as a sign in advertising never carries a single meaning. These signs convey information or messages both verbally and non-verbally so that they are communicative. This study aims to determine the verbal signs and their meaning in the Kose-Sekkisei beauty product advertisement. The researcher uses Peirce's semiotic theory which divides signs into Icon, Index and Symbol to analyze this advertisement. The data is then viewed through Triadic relationships. Through the analysis of the verbal signs of Kose-Sekkisei beauty product advertisements, it is known that in the Icon sign the words used to refer to the effects obtained when using Kose-Sekkisei beauty products. The Index sign found that Kose-Sekkisei provides solutions to skin problems by using Kose-Sekkisei products. Meanwhile, the Symbol sign found that women agree that beautiful skin makes women look beautiful.