Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan dan tantangan siswa setelah menggunakan debat sebagai strategi untuk membantu keterampilan berbicara siswa pada materi persetujuan dan ketidaksetujuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek siswa kelas sebelas di sebuah sekolah menengah atas swasta di Sampang, yang terdiri dari 11 siswa. Data dikumpulkan dari data primer melalui wawancara dan dianalisis dengan menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Wawancara semi-terstruktur dilakukan untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan kedua. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan debat sebagai strategi membantu keterampilan berbicara siswa pada materi agreement and disagreement dalam berbagai aspek seperti kefasihan, penguasaan kosakata, kepercayaan diri, dan berpikir kritis. Hasil dari tanggapan siswa juga menunjukkan bahwa ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh siswa selama debat seperti; kurangnya kosakata, manajemen waktu, menangani emosi, berpikir dan berbicara dalam bahasa Inggris secara bersamaan, dan kurangnya pemahaman yang mendalam tentang topik.
Kata kunci: debat, strategi, keterampilan berbicara, materi persetujuan dan ketidaksetujuan.
The purpose of this study is to investigate the students’ responses and challenges after using debate as a strategy to assist students speaking skills on agreement and disagreement material. This study employed a qualitative method with the subjects of eleventh graders at private high school in Sampang, consisting of 11 students. The data was collected from primary data through interviews and analyzed it by using Miles and Huberman analysis model. Semi-structured interviews were conducted to answer the first and the second research question. The results of this study indicate that the use of debate as a strategy assisted students' speaking skills on agreement and disagreement material in various aspects such as fluency, vocabulary acquisition, confidence, and critical thinking. The result of students’ responses also shows that There are several challenges faced by the students during debate such as; lack of vocabulary, time management, handling emotions, thinking and speaking in English simultaneously, and lack of in-depth understanding of the topic.
Keywords: debate, strategy, speaking skills, agreement and disagreement materials.