ABSTRAK
Khotim Fadhli. 2019. Pengaruh Pedapatan, Literasi Ekonomi, dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumsi Guru SMK Negeri di Kabupaten Jombang. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ady Soejoto, SE. M.Si. (II) Dr. Harti, M.Si.
Kata kunci : Pendapatan, Literasi Ekonomi, Kontrol Diri, Perilaku Konsumsi
Perilaku konsumsi merupakan cara konsumen mengalokasikan pendapatannya untuk digunakan konsumsi antara barang atau jasa yang berbeda-beda yang bertujuan agar kesejahteraan mereka dapat maksimal. Guru merupakan salah satu pelaku ekonomi yang berperan sebagai konsumen. Sebagai konsumen Guru senantiasa dihadapkan pada permasalahan memilih alternatif penggunaan sumber daya yang dimiliki untuk membeli barang dan jasa yang dapat memberikan kepuasan yang maksimal. Pegambilan keputusan untuk mengkonsumsi barang dan jasa dipengaruhi oleh banyak faktor seperti pendapatan, literasi ekonomi, serta kontrol diri yang dimiliki Guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pegaruh 3 (tiga) variabel independen yaitu pendapatan, literasi ekonomi, dan kontrol diri terhadap 1 (satu) variabel dependen yaitu perilaku konsumsi guru, baik secara parsial maupun secara simultan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Populasi dari penelitian ini adalah Guru SMK Negeri di Kabupaten Jombang tahun 2018. Sampel ditentukan dengan metode propotional random sampling dengan jumlah sampel 204 Guru SMK Negeri di Kabupaten Jombang. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 21.0.
Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) pendapatan berpengaruh terhadap perilaku konsumsi, 2) literasi ekonomi berpengaruh terhadap perilaku konsumsi, 3) kontrol diri berpengaruh terhadap perilaku konsumsi, dan 4) secara simultan pendapatan, literasi ekonomi, dan kontrol diri berpengaruh terhadap perilaku konsumsi.
ABSTRACT
Khotim Fadhli. 2019. The Effect of Income, Economic Literacy, and Self Control on Consumption Behavior of Teachers of SMK Negeri in Jombang Regency. Economic Education Studies Program, Postgraduate Universitas Negeri Surabaya. Conselor (1) Prof. Dr. Ady Soejoto, SE. M.Si. (II) Dr. Harti, M.Si.
Keywords: Income, Economic Literacy, Self Control, Consumption Behavior
Consumption behavior is the way consumers allocate their income to use consumption between different goods or services aimed at maximizing their welfare. The teacher is one of the economic actors who plays the role of consumers. As consumers, Teachers are always faced with the problem of choosing alternative uses of the resources that they have to provide maximum satisfaction. Taking decisions to consume goods and services is influenced by many factors such as income, economic literacy, and self control that the teacher has. This research aims to describe and analyze the effect of 3 (three) independent variables, namely financial, economic literacy, and self control on 1 (one) dependent variable, namely teacher consumption, both partially and simultaneously.
This research uses a quantitative approach . The data collection techniques using questionnaires. Population of this research is teachers of SMK Negeri in Jombang Regency 2018. The sample is determained by the methode of propotional random sampling with a sample of 204 Teachers of State Vocational Schools in Jombang Regency. Data collection using quitionnaires. Data analysis was performed by multiple linear regression techniques using the SPSS 21.0 program.
Based on the analysis of research data it can be concluded that 1) income affects consumption behavior, 2) economic literacy influences consumption behavior, 3) self control affects consumption behavior, and 4) income, economic literacy, and self-control simultaneously influence consumption behavior.