ABSTRAK
Setyo Utomo, Hery. 2019. Pengembangan Model Percepatan Akreditasi Penjamin Mutu LKP Berbasis Web di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Tesis, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. M.V. Roesminingsih, M.Pd; dan Pembimbing (2) Dr. I Ketut Atmaja J. A., M.Kes.
Kata-kata kunci: Pengembangan, Model Percepatan, Akreditasi, Berbasis WEB.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan serta menganalisis persiapan dan pelaksanaan akreditasi LKP berbasis WEB di Kabupaten Gresik; 2) Mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor penghambat dalam pelaksaaan akreditasi LKP berbasis WEB di Kabupaten Gresik; 3) Mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor pendukung dalam kegiatan akreditasi LKP berbasis WEB di Kabupaten Gresik; 4) Menemukan model pengembangan percepatan akreditasi penjamin mutu LKP berbasis WEB di Kabupaten Gresik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sumber data yang diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan (Research and development) model Borg and Gall dan prosedur pengembangan meliputi: Persiapan Pendahuluan antara lain: 1) Studi literatur dan studi tentang model pelaksanaan akreditasi dan kendala-kendala pelaksaaan di lapangan; 2) Studi lapangan awal tentang penyelenggaraan akreditasi; 3) Potret model (model factual); dilanjutkan ke Tahap Pengembangan dan Validasi 4) Penyusunan model fakutal; 5) Penyusunan panduan; 6) Validasi praktisi (FGD); 7) Perbaikan dan penyempurnaan; 8) Validasi ahli; 9) Perbaikan dan penyempurnaan; dan 10) Model Final penyelenggaraan akreditasi LKP berupa Pedoman Pengembangan Model Percepatan Akreditasi Penjamin Mutu LKP Berbasis WEB.
Hasil penelitian ini peneliti memberikan saran yaitu pada saat pengisian Evaluasi Diri Satuan satuan LKP perlu mendapatkan pendampingan dari tim ahli yaitu Asesor anggota Pokja BAN PAUD dan PNF di Kabupaten Gresik. Lebih baik lagi jika 4 (empat) pilar yaitu Pengelola LKP, Pokja BAN PAUD dan PNF Kabupaten Gresik, Penilik LKP dan ormit khususnya HIPKI bisa bersinergi dan berkolaborasi dalam pengajuan permohonan akreditasi dengan menggunakan prinsip SANTUN ((Semangat, Aktif, Nanya, Tangguh, Upaya, Nyata) artinya semua empat pilar selalu menjaga semangat untuk menuntaskan akreditasi, selalu aktif dalam mengikuti perkembangan LKP, serta tidak malu untuk bertanya (nanya), mempunyai karakter Tangguh, ulet dan tidak mudah menyerah dalam mengelola LKP dan mengajukan akreditasi, selalu ada upaya untuk berbuat lebih baik dan nyata wujudnya atau hasilnya jelas karena ada action.
ABSTRACT
Setyo Utomo, Hery. 2019. The Development of Acceleration Model for Web Based LKP Quality Assurance in Gresik, East Java. Non-Formal Education Study Program. Surabaya State University. Advisors (1) Prof. Dr. M.V. Roesminingsih, M.Pd. and (2) Dr. I Ketut Atmaja J. A., M.Kes.
Keywords: Development, Acceleration, Accreditation, WEB-Based Model.
This research aims to 1) Describe and analyze the preparation and implementation of WEB-based LKP accreditation in Gresik Regency; 2) Describe and analyze the inhibiting factors in implementing WEB-based LKP accreditation in Gresik Regency; 3) Describe and analyze the supporting factors in WEB-based LKP accreditation activities in Gresik Regency; 4) Finding a development model for accelerating the accreditation of WEB-based LKP quality assurance in Gresik Regency.
This research uses a qualitative research approach, the source of data obtained through in-depth interviews, direct observation and documentation. This study uses the Research and development model of the Borg and Gall model and development procedures including: Preliminary Preparation, among others: 1) Study of literature and studies of the model of implementation of accreditation and constraints of implementation in the field; 2) Preliminary field study on organizing accreditation; 3) Portrait of the model (factual model); proceed to the Development and Validation Stage 4) Preparation of the factorial model; 5) Preparation of guidelines; 6) Validation of practitioners (FGD); 7) Improvement and refinement; 8) Expert validation; 9) Improvement and refinement; and 10) Final Model of organizing LKP accreditation in the form of Guidelines for Developing the Model for Accelerating Accreditation of Quality Assurance of WEB-Based LKPs.
The results of this study provide researchers with advice that is when filling in the Self Evaluation Unit LKP needs to get assistance from a team of experts namely Assessor members of the National Working Group on Early Childhood Education and PNF in Gresik Regency. Even better if 4 (four) pillars are LKP Manager, Gresik District BAN PAUD and PNF Working Group, LKP Oversight and partner organization especially HIPKI can work together and collaborate in applying for accreditation using the SANTUN principle ((Passion, Active, Question, Resilient, Effort, Real) means that all four pillars always maintain enthusiasm to complete accreditation, are always active in following the development of LKP, and are not ashamed to ask (ask), have the character of Tangguh, are resilient and do not give up easily in managing LKP and apply for accreditation, there are always efforts to do better and real form or the results are clear because there is action.