Penerapan Media Video Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Pembuatan Pola Rok Setengah Lingkar
Media video pembelajaran adalah suatu metode yang digunakan pada proses belajar mengajar dengan cara memanfaatkan teknologi informasi berupa video berbasis pembelajaran atau tutorial, dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan ketertarikan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) mengetahui bagaimana penggunaan media video pembelajaran pada pembuatan pola rok setengah lingkar, 2) mengetahui apakah penggunaan video pembelajaran efektif digunakan dalam pembuatan pola rok setengah lingkar, 3) apakah ada pengaruh pada proses pembelajaran pola rok setengah lingkar setelah menggunakan media video pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dari buku-buku referensi, jurnal-jurnal terdahulu. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan penggunaan video sebagai media pembelajaran dapat mempermudah siswa untuk mengerti, mengingat, dan mempraktekkan materi. Media video memungkinkan siswa mengulang materi pembelajaran untuk memfasilitasi pembelajaran mandiri. Pemahaman siswa yang meningkat akan meningkatkan prestasi dan keberhasilan belajar siswa. Media video pembelajaran juga akan meningkatkan keberhasilan penyampaian materi juga kepada siswa, dengan demikian media video pembelajaran efektif digunakan dan memiliki pengaruh yang positif pada pembelajaran pola rok setengah lingkar.
Learning video media is a method used in the teaching and learning process by utilizing information technology in the form of video-based learning or tutorials, with the aim of increasing student understanding and interest. The aim of this research is; 1) knowing how to use instructional video media in making a half-circle skirt pattern, 2) knowing whether the use of learning videos is effectively used in making a half-circle skirt pattern, 3) whether there is an influence on the learning process for a half-circle skirt pattern after using instructional video media. The research methodology used in this research is literature study from reference books, previous journals. Based on the results of the study, it was concluded that the use of video as a learning medium can make it easier for students to understand, remember, and practice the material. Video media allows students to repeat learning materials to facilitate independent learning. Increased student understanding will increase student achievement and success in learning. Learning video media will also increase the success of delivering material to students, thus learning video media is effectively used and has a positive influence on learning the semi-circle skirt pattern.