Praktik Sosial Kolektor Keris Di Kabupaten Jombang
Social Practice of Keris Collectors in Jombang District
Keris sebagai identitas bangsa, khususnya masyarakat Jawa tidak lagi dipercaya oleh masyarakatnya sendiri. Keris menjadi sebuah fenomena saat ini karena posisinya yang berada diantara benda pusaka yang bersifat mistis dengan masyarakat yang positivis. Pemaknaan keris tersebut pun beragam, beberapa kolektor memanfaatkan fungsi keris sesuai dengan tuah yang ada dalam keris. Sehingga orang yang memaknai keris itu bertuah dipandang oleh masyarakat sebagai orang yang menyimpang dari norma agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis teori praktik sosial Pierre Bourdieu. Penelitian ini menemukan ada banyak kolektor yang mempercayai hingga memanfaatkan tuah keris. Peneliti mengelompokkan temuan tersebut kedalam tiga kategori kepercayaan terhadap keris, yakni sebagai pesugihan, pengaruh derajat serta dapat mendatangkan ajal. Kemudian dari pemaknaan tersebut berkaitan pula dengan masyarakat santri dan masyarakat positivis dalam mempengaruhi posisi keris saat ini. Temuan lainnya dalam penelitian ini bagaimana kolektor melakukan praktik terhadap pemaknaan keris tersebut, termasuk habitus, modal serta ranah kolektor keris. Kolektor membangun sendiri modal-modal yang dimiliki untuk ikut bersaing ke ranah perkerisan.
Keris as a national identity, especially the Javanese people are no longer trusted by the people themselves. The keris is a phenomenon nowadays because of its position between mystical heirlooms and a positivist society. The meaning of the keris is also diverse, some collectors use the function of the keris according to the mystic that is in the keris. So that people who interpret the keris as lucky are seen by the community as people who deviate from religious norms. This study uses a descriptive qualitative approach with analysis of the theory of social practice by Pierre Bourdieu. This study found that there are many collectors who believe in using the mystical side of the keris. Researchers grouped these findings into three categories of belief in the keris, namely as pesugihan, the influence of degrees and can bring death. Then from this meaning it is also related to the santri community and the positivist community in influencing the current position of the keris. Another finding in this study is how collectors practice the meaning of the keris, including the habitus, capital and the field of the keris collector. Where collectors build their own capital to compete in the keris field.