Harapan dalam penelitian ini adalah dapat meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa serta merealisasikannya. Namun fakta yang ada di lapangan, kegiatan kewirausahaan dilakukan hanya sebatas untuk memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan serta minat mereka untuk berwirausaha hanya sebatas angan-angan. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh secara parsial ataupun simultan anatara status sosial ekonomi orang tua dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa angkatn 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi angkatan 2017 dan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling serta berdasarkan tabel Isaac dan Michael dan diperoleh jumlah sampel sebesar 233 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menyebar kuesioner kepada responden. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Status sosial ekonomi orang tua dan pendidikan kewirausahaan secara simultan berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa. (2) Status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa. (3) Pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Besarnya pengaruh variabel status sosial ekonomi orang tua danpendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar lima puluh enam koma sembilan persen dan sisanya sebesar empat puluh tiga koma satu persen dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Kata kunci : status sosial ekonomi orang tua, pendidikan kewirausahaan, minat berwirausaha.
The hope in this research is to be able to increase student interest in entrepreneurship and realize it. But the facts in the field, entrepreneurial activities are carried out only to fulfill the task of entrepreneurship courses and their interest in entrepreneurship is only a delusion. The purpose of this study was to analyze whether there is a partial or simultaneous influence between the socio-economic status of parents and entrepreneurship education on the interest of entrepreneurship in 2017 Faculty of Economics, State University of Surabaya. The population in this study were all active students of the Faculty of Economics in 2017 and taking samples using probability sampling techniques with the type of simple random sampling and based on Isaac and Michael tables and obtained a total sample of 233 students. Data was collected by distributing questionnaires to respondents. The collected data is then analyzed using multiple linear regression analysis. The results show that: (1) Parents' socioeconomic status and entrepreneurship education simultaneously influence student interest in entrepreneurship. (2) The socioeconomic status of parents does not affect the interest in student entrepreneurship. (3) Entrepreneurship education influences student interest in entrepreneurship. The magnitude of the influence of parents' socioeconomic status variables and entrepreneurship education on student entrepreneurial interest is fifty six point nine percent and the remaining forty three point one percent is influenced by other variables outside this study.
Keywords: parents' socioeconomic status, entrepreneurship education, entrepreneurship interests.