Tujuan dari penelitian ini yaitu
mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan membuat surat dengan
menggunakan model pembelajaran Think Pair
Share (TPS) pada kompetensi dasar menganalisis surat niaga di SMK Wachid
Hasyim 2 Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada tahun pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian Quasi Experimental design dengan bentuk Nonequivalen Control Group Design. Subjek
penelitian ini dipilih menggunakan teknik sampling purposive sampling dengan mengambil hasil nilai UTS yang hampir
memiliki nilai rata-rata sama, sehingga di dapat kelas X OTKP 2 sebagai kelas
kontrol dan X OTKP 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai
rata-rata pretest kelas kontrol
sebesar 57,5 sedangkan kelas ekperimen sebesar 57,9. Nilai rata-rata postest kelas kontrol sebesar 69,5
sedangkan kelas eksperimen sebesar 84,8. Rata-rata gain score kelas kontrol sebesar 12 sedangkan kelas eksperimen
sebesar 26,9. Berdasarkan hasil uji t postest
yang dilakukan menggunakan SPSS for
windows 16.0 melalui uji statistic independent
sample test diperoleh hasil nilai thitung (11,623) > ttabel
(1,997) dengan sig. sebesar (0,00) < (0,05). Uji t gain score menunjukkan thitung (7,960) > ttabel (1,997)
dengan sig. (0,00) < (0,05). Hasil analisis nilai
keterampilan siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan hasil t-test (0,012) < (0,05) dan thitung (2,590) > ttabel
(1,997). Mengacu dari hasil tersebut maka Ha diterima dan H0 ditolak,
dengan itu disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap
peningkatan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan membuat surat dalam
kompetensi dasar membuat surat niaga di SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya.
Kata
kunci : Model pembelajaran Think Pair
Share (TPS), berpikir kritis, keterampilan, korespondensi, surat niaga.