Teknologi sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia modern saat ini. Didalam dunia pendidikan teknologi dapat dimanfaatkan secara dalam proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran dan materi yang diajarkan akan dapat membantu siswa memaksimalkan pemahaman terhadap materi pelajaran. Skripsi pengembangan ini bertujuan untuk mencipatkan video pembelajaran yang berbeda dengan video pembelajaran yang sudah dibuat sebelumnya dengan menambahkan sesuatu yang berbeda yaitu menggunakan karakter kartun dan tampilan media sosial Instagram. Skripsi ini menggunakan model pengembangan dari ADDIE modifikasi dari Branch. Instrumen penilaian kelayakan yang digunakan berupa lembar telaah ahli media dan materi, lembar validasi ahli media dan materi serta angket respon peserta didik. Data yang didapat akan diolah dan analisis menggunakan teknik prosentase secara deskriptif.
Hasil penilaian validasi dari para ahli materi mendapat rata-rata nilai 85,5% dan ahli media memberikan rata-rata nilai 89,47% dengan keduanya mendapat kriteria sangat layak. Hasil uji coba dari peserta didik memperoleh rata-rata nilai 90,28% dan memperoleh kriteria sangat memahami. Secara keseluruhan media pembelajaran mendapat rata-rata nilai sebesar 88,42% sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mendapat kriteria sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah.
Kata Kunci : Media pembelajaran, video pembelajaran, karakter kartun, transaksi perusahaan manufaktur
The technology has become an inseparable part of modern human life. In education system, technology can be used in the learning process by using learning media. The use of learning media according to subject and material of lesson can helped student to maximize understanding of lesson.
This development research has a purpose for created a tutorial video that different than tutorial video has been made before, this video tutorial made differently added cartoon character and Instagram social media display.
This research used development model from ADDIE and modification from Branch. Assessment instruments used is sheet of media and material expert review, media and material expert validation sheet and student response questionnaire. The result data will be processed and analyzed used persentage technique descriptively.
The validation result from material expert validation get an average percentage 85,5% and for media expert validation gave an average percentage 89,47% with a both got a very feasible criteria. The trial result to student obtained an average percentage of 90,28% and obtained a very understood criteria. Overall result of learning media obtained an average percentage of 88,42% with the result that learning media developed obtained a very feasible to be used to alternative learning media in school.
Keywords : learning media, video tutorial, cartoon character, transaction in manufacturing companies.