ANALYSIS OF THE APPLICATION OF SQ3R METHOD AS AN EFFORT TO IMPROVE READING COMPREHENSION SKILLS OF GERMAN STUDENTS OF CLASS X SMA
Kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu hal yang diperlukan saat ini, karena tiada lagi batasan yang memungkinkan siapapun dari belahan dunia manapun bebas memperoleh informasi. Sebagian besar sekolah di Indonesia telah memasukan bahasa asing sebagai mata pelajaran yang diajarkan, seperti bahasa Jerman. Tarigan (2015:1) menyatakan dalam berbahasa terdapat empat keterampilan yang harus dikuasai, salah satunya adalah membaca. Akan tetapi, dalam membaca bahasa Jerman ada beberapa kesulitan yang ditemui, seperti artikel pada kata benda yang harus siswa hapalkan dan juga perbedaan struktur kalimat yang juga berubah bergantung pada kasusnya, serta diperlukan kemampuan untuk memahami isi bacaan. Dengan demikian, untuk membantu siswa mengatasi kesulitan dalam pembelajaran bahasa Jerman, diperlukan metode yang tepat, yaitu metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). Metode ini memiliki tahapan yang dapat mengatasi kesulitan dalam membaca pemahaman bahasa Jerman. Penulisan artikel ini dilakukan dengan menganalisis penerapan metode SQ3R dalam upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bahasa Jerman siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan penalaran induktif terhadap sumber literatur terkait. Hasil yang diperoleh adalah metode SQ3R merupakan metode yang dapat digunakan guru sebagai solusi untuk mengatasi kesulitan membaca pemahaman bahasa Jerman siswa, meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bahasa Jerman siswa, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Kata Kunci: metode SQ3R, keterampilan membaca, membaca pemahaman, pembelajaran bahasa Jerman.
Foreign language skills are one of the things that are needed today because there are no more restrictions that allow anyone from any part of the world to freely obtain information. Most schools in Indonesia have included foreign languages as taught subjects, such as German. Tarigan (2015: 1) stated that in language there are four skills that must be mastered, one of which is reading. However, in reading German there are some difficulties encountered, such as articles on nouns that students must memorize and also differences in sentence structure that also change depending on the case, and the ability to understand the contents of the reading is required. Thus, to help students overcome difficulties in learning German, the right method is needed, namely the SQ3R method (Survey, Question, Read, Recite, Review). This method has stages that can overcome difficulties in reading comprehension of the German language. The writing of this article is done by analyzing the application of the SQ3R method in an effort to improve the reading skills of German comprehension of high school class X students. This research uses the descriptive qualitative method by doing inductive reasoning to related literature sources. The results obtained are SQ3R method is a method that can be used by teachers as a solution to overcome the difficulties of reading students 'German comprehension, improve students' German comprehension reading skills, and improve critical thinking skills.
Keywords: SQ3R method, reading skills, reading comprehension, German learning.