Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah selain untuk
mengetahui kefektifan media yang dikembangakan juga untuk mengatasi
permasalahan belajar yang dihadapi oleh peserta didik SMKN 1 Jabon-Sidoarjo
pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital, dimana media yang
diberikan terhadap peserta didik masih belum sesuai dengan tujuan pembelajaran, maka dari itu dengan
mengembangakan media E-Modul (elektronik
modul ) diharapkan peserta didik dapat mengalami peningkatan hasil belajar
yang signifikan. Karena media E-Modul ini dapat diakses oleh peserta didik
secara mandiri dan dimanapun, sehingga peserta didik akan lebih banyak waktu
untuk belajar secara mandiri.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan
model pengembangan Research and
Development (R&D) dan jenis data yang digunakan dalam penelitian
pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, yang didapat
berdasarkan hasil wawancara kepada ahli rencana pembelajaran, ahli materi, ahli
media, dan ahli bahan penyerta.
Berdasarkan
Metode pengumpulan data yang digunakan
melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan tes, dan dari semua aspek
penilaian yang telah di validasi maka nilai hitung yang didapat dari Ahli
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebanyak 88% termasuk dalam kategori yang sangat
baik. Aspek penilaian dari ahli materi mendapatkan nilai hitung sebanyak 93%
termasuk dalam kategori yang sangat baik. Aspek penilaian dari ahli media
mendapatkan nilai hitung sebanyak 87% termasuk dalam kategori yang sangat baik,
dan yang terakhir adalah dari ahli bahan penyerta media mendapatkan nilai hitung sebanyak 90% termasuk dalam kategori yang
sangat baik
Dan data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil
sebanyak 10 peserta didik, bahwa semua angket untuk peserta didik mendapatakan
nilai hitung sebanyak 93% termasuk dalam kategori yang sangat baik. Dan
selanjutnya untuk mengetahui kefektifan media elektronik modul pengembang
menggunakan uji-t dengan Berdasarkan perhitungan hasil pre-test dan post-test
setelah menggunakan media E-Modul
pada peserta didik kelas X
Multimedia diperoleh t hitung dengan to = 8,84 dengan d.b = 29, sedangkan taraf
signifikansi 5% diperoleh harga kritik = 1,69 dan pada taraf signifikansi 1% =
2,45 Jadi dapat disimpulkan berdasarkan hasil uji coba tersebut bahwa ditemukan
harga to lebih besar dari harga ts 5% dan ts 1% yaitu 8,84 > 2,45 > 1,69.
Maka ini menunjukkan bahwa penggunaan media E-Modul dapat meningkatkan hasil
belajar pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital materi analisis
pembuatan e-book untuk peserta didik kelas X Multimedia di SMK Negeri 1
Jabon-Sidoarjo.
Kata Kunci
: Pengembangan, E-Modul, Simulasi dan Komunikasi Digital, E-book.