Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
Pengembangan Media Kotak Menggunting Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun
Kode Dokumen
:
0058/FIP-PAUD/2023
Penulis Utama
:
FARA ASTARI ULFA
NIM Penulis Utama
:
18010684061
Tahun
:
2022
Judul ID
:
Pengembangan Media Kotak Menggunting Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun
Judul EN
:
Development of Scissors Box Media to Improve Fine Motor Skills for 4-5 Years Old Children
Sumber
:
UNESA - Fakultas Ilmu Pendidikan - Jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - 18010684061 - 2022
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Keterbatasan dalam pemberian stimulasi yang tepat pada perkembangan motorik halus anak, akan berdampak secara langsung dalam proses kegiatan belajar di sekolah. Seperti kegiatan menulis yang sangat erat dilakukan setiap hari saat pembelajaran. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan media kotak menggunting yang dapat menstimulasi keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Metode yang dilakukan pada penelitian menggunakan R&D (
Research and Development
), dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Desain media pembelajaran kotak menggunting menggunakan berbagai macam bahan – bahan seperti kertas bufallo, kertas art paper, kertas foam dan spons ati. Hasil uji validasi ahli materi diperoleh sebesar 75% yang dinyatakan layak digunakan dengan revisi dan ahli media sebesar 90% yang dinyatakan layak digunakan tanpa revisi. Subjek yang digunakan pada uji coba yaitu pada 8 anak usia 4-5 tahun, penerapan media kotak menggunting menunjukkan hasil 1) anak memiliki keluwesan dan kekuatan jemari yang lebih baik, 2) anak mampu menggunting pola garis lurus, zig-zag dan lengkung dengan tidak terputus, 3) anak mampu memegang gunting dengan tepat, 4) anak memiliki postur tubuh yang baik saat menggunting, 4) anak sudah tidak takut lagi ketika memegang gunting. Hasil uji keefektifan media kotak menggunting yang telah diuji menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan hasil signifikan sebesar 0,012 lebih kecil dari 0,05, bahwa ada pengaruh penggunaan media kotak menggunting. Sehingga kesimpulan dari penelitian pengembangan ini yaitu media kotak menggunting dapat memberikan stimulasi yang tepat untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Abstrak EN
:
Limitations in providing appropriate stimulation to children's fine motor development will have a direct impact on the process of learning activities at school. Like writing activities that are very closely carried out every day during learning. So the purpose of this research is to produce a cutting box media that can stimulate the fine motor skills of children aged 4-5 years. The method used in this research uses R&D (Research and Development), using the ADDIE development research model, namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The design of the cutting box learning media uses a variety of materials such as buffalo paper, art paper, foam paper and heart sponge. The results of the material expert validation test were obtained by 75% which were declared suitable for use with revisions and 90% of media experts who were declared suitable for use without revision. The subjects used in the trial were 8 children aged 4-5 years, the application of the cutting box media showed the results 1) the child had better flexibility and finger strength, 2) the child was able to cut straight line, zig-zag and curved patterns without disconnected, 3) the child is able to hold the scissors correctly, 4) the child has good posture when cutting, 4) the child is no longer afraid when holding the scissors. The results of the effectiveness test of the cutting box media that have been tested using the Wilcoxon test show a significant result of 0.012 which is smaller than 0.05, that there is an effect of using the scissors box media. So the conclusion from this development research is that the cutting box media can provide the right stimulation to improve fine motor skills and is suitable for use in learning at school.
Link Artikel
File Abstrak
File Lampiran