Semi Realist Style As Inspiriation For The Design Of Fantasy Game Character Concept Art Based On Indonesian Folklore
Pertumbuhan industri game di Indonesia semakin pesat, selain menjadi media hiburan game jugadapat menjadi media komunikasi terutama dalam mengkomunikasikan cerita legenda Indonesia.Legenda adalah cerita turun-temurun, dapat juga dipahami sebagai cerita yang dikaitkan dengantokoh, peristiwa, dan tempat-tempat nyata. Indonesia memiliki beraneka ragam legenda dengankarakter atau tokoh yang unik, karakter-karakter ini dapat diimplementasikan kedalam sebuah game.Kurangnya karakter dari cerita legenda Indonesia di dalam game populer menjadi sangatdisayangkan, karakter-karakter tersebut memiliki potensi menjadi karakter yang lebih menarikapabila disajikan dengan tren sekarang. Tujuan perancangan ini adalah untuk menarik paraprodusen game untuk mengadaptasi karakter legenda Indonesia dan mengenalkan potensi karakterlegenda nusantara ke dalam game dengan cara membuat character concept art, character concept artberguna untuk memberikan kejelasan visual sebuah karakter dalam produksi sebuah game danmemperlihatkan potensi desain visual suatu karakter. Perancangan ini menggunakan gaya semirealisdalam ilustrasinya, gaya yang menggabungkan gaya kartun dan gaya realis ini dapat memperluaseksplorasi desain karakter yang diinginkan menjadi lebih menarik. Metode perancangan yangdigunakan adalah metode kualitatif yaitu wawancara, dan dokumentasi. Hasil perancangan iniadalah character concept art dari 10 tokoh cerita legenda Indonesia yang berisi ilustrasi masingmasingkarakter yang kemudian dijadikan satu menjadi sebuah artbook.
Game industry in Indonesia is growing rapidly, in addition to being a media for entertainment, gamescan also be a communication media, especially in communicating Indonesian folklore. Folklore is astory from generation to generation, it can also be told as a story that is associated with realcharacters, events, and places. Indonesia has a variety of folklore with unique characters or figures,these characters can be implemented into a game. The lack of characters from Indonesian folklore inpopular games is very unfortunate, these characters have the potential to become more appealingwhen it's presented with current trends. The purpose of this design is to attract game producers toadapt Indonesian folklore characters and introduce the potential of Indonesian folklore charactersinto the game by creating character concept art, character concept art is useful for providing visualclarity of a character in game production and show the potential of a character's visual design. Thisdesign uses a semirealist style in the illustration, a style that combines cartoon style and realist style ,this will enable to the exploration of the desired character design to be more attractive. The designmethod used is qualitative methods, trough interviews, and documentation. The result of this designare character concept arts from 10 different characters from Indonesian folklore, it contains theillustrations of each character which are then put together into an artbook.