THE DEVELOPMENT OF CONGKLAK NUMBER TO ABILITY THE CONCEPT OF NUMBER 1-10 FOR CHILDREN AGE 4-5 YEARS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan produk, desain prototype dan kelayakan media congklak angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan jenis penelitian Borg&Gall. Namun penelitian pengembangan Borg&Gall dalam penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan produk awal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket. Penyebaran angket dilakukan untuk memvalidasi produk pada ahli materi dan ahli media yaitu dosen dan guru TK. Teknik analisis menggunakan kualitatif deskriptif. Berdasarkan perhitungan angket uji kelayakan produk permainan congklak angka diperoleh data 89% dari 55 responden menyatakan permainan congklak angka sangat layak digunakan dan diperoleh data 87% dari 55 responden menyatakan permainan congklak angka sangat layak digunakan sebagai permainan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan pengolahan data maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan congklak angka dapat menstimulasi kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Saat pandemi Covid-19 berakhir, permainan congklak angka dapat digunakan anak sebagai alat permainan di lembaga sekolah.Kata Kunci : permainan congklak angka, konsep bilangan, Borg&Gall
This study aims to determine the product development, prototype design, and the properness of numerical congkak game media to recognize the ability of children aged 4-5 years. The research used in this paper is Borg & Gall development research. However the Borg & Gall development research only reached the product development initial stage. The analysis technique used in this paper is through a questionnaire. The data collection instruments used in this paper is the questionnaires. The questionnaire was spread to validate the product to material experts and media experts is lecturers and kindergarten teachers. The analysis technique uses descriptive qualitative. Based on the calculation of the feasibility test of the congklak numeric game product, 89% of 55 respondents stated that the congklak figure game was very feasible to use and 87% of the 55 respondents said the congklak figure game was very suitable to be used as a game to improve the ability to recognize the number concept of children aged 4- 5 years. Based on data processing, it can be concluded that the development of the game of congklak numbers can stimulate the ability to recognize the concept of numbers 1-10 in children aged 4-5 years. When the Covid-19 pandemic ends, the game of congklak numbers can be used by children as a game tool in school institutions.
Key Words: Congklak numbers game, number concept, Borg & Gall