ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas VI A SDN Sawunggaling VII/388 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus pembelajaran, setiap siklus terdiri atas 1 x pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI A SDN Sawunggaling VIII/388 Surabaya pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan dan analisis data pada setiap siklusnya. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 62,5% menjadi 76,9% pada siklus II dan 90,4% pada siklus III. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 65,9 menjadi 73,5 pada siklus II dan 80,1 pada siklus III. Hasil respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning diperoleh 30% siswa setuju dan 70% sangat setuju. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan contextual teaching and learning dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIA SDN Sawunggaling VII/388 Surabaya
Kata Kunci: pendekatan contextual teaching and learning, pembelajaran IPS, hasil belajar
This research is a classroom action research (PTK), which aims to enhance the activity and student learning outcomes using the approach Contextual Teaching and Learning (CTL) on VIA grade students of SDN Sawunggaling VII/388 Surabaya. This research study was conducted during three cycles, each cycle consisting of 1x meeting. The subjects were students of class VIA SDN / 388 Surabaya in the 2nd half of the school year 2018/2019. The results showed that the application of CTL approach on social studies learning to can enhance the activity and learning result students. This is evident from the observation and analysis of data on each cycle. Increased activity of students can be seen from the increase in the percentage of the activity of students in the first cycle of 62.5% to 76.9% in the second cycle and 90, 4% in the third cycle. Improved learning result can be seen from the increase in the average results of study in the first cycle of 65.9 becomes 73.5 in the second cycle and 80.1 in the third cycle. The results of students' response to the learning process with the contextual teaching and learning approach gained 30% of students agree and 70% strongly agree. Based on these results it can be concluded that the application of the contextual teaching and learning approach in the social studies learning can enhance the activity and learning result class VIA grade students in SDN Sawunggaling VII/388 Surabaya
Keywords: contextual teaching and learning approach, social studies, learning result