Students Challenges and Solutions of Using AI-based Tools for Academic Writing
Penggunaan AI dalam bidang Pendidikan telah menjadi hal yang umum, terutama dalam penulisan akademik. Namun, siswa mneghadapi banyak tantangan dalam menggunakan AI dalam penlusian akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan Solusi yang dihadapi mahasiswa dalam menggunakan alat berbasis AI untuk penulisan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah desain kualitatif deskriptif. Instrument yang digunakan adalah kuesioner terstruktur dan wawancara semi- terstruktur. Investigasi terhadap tantangan dan solusi mahasiswa dalam menggunakan alat bantu berbasis AI untuk penulisan akademik mengungkapkan beberapa temuan. Setiap mahasiswa menggunakan AI yang berbeda di setiap tahap penulisan untuk penulisan akademis mereka seperti ChatGPT, Quillbot, Grammarly, dll. Selain itu, tantangan yang di hadapi mahasiswa dalam menggunakan AI untuk penulisan akademik dibagi menjadi tiga ketegori: pertimbangan etika, bias dan ketidak akuratan hasil, dan keterbatsan fitur. Sementara itu, Solusi yang diberikan mahasiswa dalam menggunakan AI untuk menulis akadeik dibagi menjadi empat kategori: mengecek ulang hasil dari AI, melatih alogaritma, membeli versi premium, dan peran manusia dalam menjaga keaslian tulisan. Peneliti menyarankan agar topik topik mengenai strategi mahasiswa dalam memnggunakan AI untuk penulian akademik di sotot lebih dalam dalam penelitian selanjutnya.
The use of AI in the education field has become common, especially in academic writing. However, students faced many of the challenges in using AI for academic writing. This study aims to discovers the students challenges and solution in using AI- based tools for academic writing. The research method used was a descriptive qualitative design. The research instruments was structured questionnaire and semi-structured Interview. An investigating of students’ challenges and solution of using AI-based tools for academic writing revealed some findings. Every students using different AI in each of the writing stages for their academic writing such as ChatGPT, Quillbot, Grammarly, etc. Moreover, the students’ challenges in using AI for academic writing were divided into 3 categories: ethical consideration, bias and inaccuracy result, and limited features. Meanwhile, the students’ solutions in using AI for academic writing were divided into four categories: double-check result from AI, Train algorithm, purchasing the premium version, and human role to keep the originality. The researcher suggested that the topics of the students strategy in using AI for academic writing is spotlighted in the further studies.