Kata kunci: Strategi Belajar dalam Pronunciation, Strategi Belajar Langsung, Kelas Pronunciation
Siswa yang mempelajari pronunciation akan menghadapi beberapa masalah dan kesulitan. Masalah tersebut bisa timbul akibat bahasa ibu siswa maupun komponen dalam pronunciation yang sedang mereka pelajari. Oleh sebab itu, siswa perlu menggunakan beberapa cara untuk mengatasinya. Dalam proses pembelajaran pronunciation, cara tersebut disebut sebagai strategi belajar dalam pronunciation. Strategi ini dapat dibagi menjadi strategi belajar langsung dan tidak langsung. Namun, hanya terdapat beberapa penelitian dan teori mengenai strategi yang digunakan siswa di Indonesia dalam proses pembelajaran pronunciation. Dominasi penelitian yang ada berkaitan dengan strategi belajar di Indonesia hanya berfokus pada empat kemampuan bahasa Inggris saja. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti strategi belajar langsung dalam pembelajaran pronunciation yang digunakan oleh siswa di Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang meneliti strategi belajar langung yang digunakan oleh 23 mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris di UNESA dalam pembelajaran pronunciation. Selain itu faktor yang mempengaruhi dan cara strategi yang digunakan tersebut membantu kemampuan pronunciation siswa juga diteliti. Penelitian ini dilakukan hanya pada mahasiswa semester dua yang sedang mengambil program kelas pronunciation saja. Data yang digunakan diperoleh dari kombinasi angket terbuka dan tertutup, observasi serta interview. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu pengorganisasian dan pembiasaan, persandian dan pengurangan, serta penginterpretasian dan penyajian.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa menggunakan hampir seluruh strategi belajar langsung yang termasuk dalam strategi Memori, Kognitif dan Kompensasi. Para siswa mengaplikasikan strategi pengkodean, penggunaan suara dan asosiasi yang merupakan strategi Memori. Strategi Kognitif yang digunakan oleh siswa adalah peniruan, pelatihan, penggunaan sumber lain, pengulangan, penggunaan media, membaca lantang, membuat hipotesa, menganalisis perberdaan dan penerjemahan. Siswa juga menggunakan Kompensasi strategi yaitu persamaan, circumlocution dan penggunaan sinonim. Selain itu, kognitif strategi merupakan strategi yang banyak digunakan oleh siswa di dalam proses pembelajaran pronunciation. Terlebih lagi, mereka menggunakan strategi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut adalah tujuan pembelajaran, teknik pengajaran yang digunakan dosen, gaya belajar, jenis tugas dan topik pembelajaran. Selain itu hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan siswa benar-benar membantu mereka di dalam proses pembelajaran.
Keywords: Pronunciation Learning Strategies, Direct Strategies, EFL Learners, Pronunciation Class
Pronunciation learners will face several problems and difficulties. Those problems might come from learners’ mother tongue or the components in pronunciation that they learn. Thus, the learners need to apply certain ways to solve them. In pronunciation learning, this ways called as pronunciation learning strategies. Pronunciation learning strategies can be divided into direct and indirect strategies. However, only few numbers of research and theory related to pronunciation learning strategies applied by Indonesian learners. Most of the studies dealing with learning strategies in Indonesia were only focusing on four skills of English. Thus, this study aimed to observe the direct pronunciation learning strategies used by Indonesian EFL learners.
This study was qualitative research which investigates pronunciation learning strategis used by 23 English Education learners in English Department of State University of Surabaya. Moreover, the factors and the ways the strategies help the learner to learn pronunciation were also under investigated. This research was limited to second semester learners who registered Pronunciation class. The data were gained through the combination of open-ended and close-ended questionnaire, observation and interview section. The data were analyzed through three steps. They are organizing and familiarizing, coding and reducing, and interpreting and representing.
The result of this study figures out that learners applied almost all of the direct strategies included in Memory, Cognitive, and Compensation strategies. Learners applied coding, applying sounds and association strategies which indluded in Memory strategy. Cognitive strategy which is used by the learners are imitating, practicing, resourcing, repetition, media application, reading aloud, hypotheses, analyzing contrast, and translating strategies. Learners also applied Compensation strategies which are similarity, circumlocution, and synonyms strategy while learning pronunciation. Moreover, cognitive strategy is the strategy that applied by the learners oftenly during pronunciation learning process. Furthermore, learners applied all of these strategies because of several factors. Learning goal, lecturer’s teaching techniques, learning style, type of task, and topic of material are the factors which influence the learners to use the strategies. In additon, based on the result, it is revealed that the strategies applied by the learners really help the learners while learning pronunciation.