Penelitian ini di latar belakangi dengan banyaknya konsumen yang masih berbelanja di pasar tradisional Wonokromo- Surabaya. Tujuan penelitian ini ialah untuk : (1) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada pasar tradisional Wonokromo dan (2) mengetahui faktor utama yang mempengaruhi konsumen dalm mengambil keputusan pembelian pada pasar tradisional Wonokromo- Surabaya.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantatif. Independen variabel (X) yaitu Faktor Produk, faktor pribadi, faktor situasional, faktor sosial dan faktor lokasi sedangkan dependen variabel (Y) keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang melakukan pembelian di pasar tradisional Wonokromo. Penelitian ini menggunakan non random sampling dan menggunakan teknik accident sampling. Penelitian ini mengambil 91 sampel. Lokasi penelitian ini berada di pasar tradisional wonokromo yang terletak di jln. Raya Wonokromo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara teknik non-tes atau memberikan angket kepada sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS).
Hasil dari analisis data yaitu: (1) faktor produk memiliki nilai T statistics 5.096 yang nilai nya lebih besar dari T-table yang di nyatakan produk diterima, (2) faktor pribadi memiliki nilai T statistics 0.704 yang nilai nya lebih kecil dari T-table yang di nyatakan pribadi ditolak, (3) faktor situasional memiliki nilai T statistics 1.256 yang nilai nya lebih kecil dari T-table yang di nyatakan bahwa situasional ditolak, (4) faktor sosial memiliki nilai T statistics 54.855 yang nilai nya lebih besar dari T-table yang di nyatakan diterima dan (5) faktor lokasi memiliki nilai T statistics 5.300 yang nilai nya lebih besar dari T-table yang di nyatakan diterima. Dapat disimpulkan dari penelitian ini yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada pasar tradisional yaitu faktor produk, faktor sosial dan faktor lokasi.
Kata Kunci : Faktor Keberagaman Produk, Faktor Pribadi, Faktor Situasional, Faktor Sosial, Faktor Lokasi dan Keputusan Pembelian
This research is motivated by the many consumers who still shop at the Wonokromo-Surabaya traditional market. The purpose of this study is to: (1) Analyze the factors that influence purchasing decisions in the Wonokromo traditional market and (2) determine the main factors that influence consumers in making purchasing decisions in the Wonokromo-Surabaya traditional market.
This type of research is descriptive research using a quantitative approach. The independent variable (X) is the product factor, personal factor, situational factor, social factor and location factor while the dependent variable (Y) is the purchasing decision. The population in this study is all consumers who make purchases in the Wonokromo traditional market. This research uses non random sampling and uses accident sampling technique. This study took 91 samples. The location of this research is in the Wonokromo traditional market located on Jl. Raya Wonokromo. Data collection techniques carried out by non-test techniques or giving questionnaires to the sample. Data analysis in this study uses theapproach Partial Least Square (PLS).
The results of the data analysis are: (1) the product factor has a value of T statistics 5.096 whose value is greater than the T-table that the product is accepted, (2) personal factor has a value of T statistics 0.704 whose value is smaller than the T-table which is stated personally rejected, (3) situational factors have a value of T statistics 1.256 whose value is smaller than the T-table which states that situational is rejected, (4) social factors have a value of T statistics 54,855 whose value is greater than T-table the declaredis accepted and (5) the location factor has avalue T statisticsof 5.300 whose value is greater than T-table the declaredaccepted. It can be concluded from this study that influenced purchasing decisions in traditional markets, namely product factors, social factors and location factors.
Keywords: Merchandising Factors, Personal Factors, Situational Factors, Social Factors, Location Factors and Purchasing Decisions