Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills Ditinjau dari Tingkat Kecemasan Matematika
Profile of Students Critical Thinking in Solving Higher Order Thinking Skills Problems Reviewing from Mathematics Anxiety Level
Berpikir kritis adalah aktivitas mental individu untuk mengembangkan pengetahuan yang dimiliki dengan mempertimbangkan, mengevaluasi, dan menghubungkan informasi dengan fakta atau informasi lain dari berbagai sumber untuk tujuan membuat keputusan yang rasional. Faktor yang mempengaruhi proses berpikir kritis matematis diantaranya yaitu adanya perbedaan kecemasan matematika. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking skills (HOTS) ditinjau dari tingkat kecemasan matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini dari 2 siswa kelas VIII dengan tingkat kemampuan matematika setara dan jenis kelamin sama antara lain siswa dengan kecemasan matematika rendah dan siswa dengan kecemasan matematika tinggi. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes kemampuan matematika, angket kecemasan matematika (AKM), tes pemecahan masalah (TPM), dan wawancara. Selanjutnya data pemecahan masalah yang diperoleh dianalisis menggunakan kriteria berpikir kritis menurut Enis yang disingkat dengan FRISCO yaitu focus (fokus), reason (alasan), inference (kesimpulan), situation (situasi), clarity (kejelasan), dan overview (meninjau kembali). Pada hasil penelitian didapat bahwa siswa yang berkecemasan matematika rendah menunjukkan semua kriteria berpikir kritis fokus, reason, inference, situation, clarity, overview dalam menyelesaikan soal HOTS level menganalisis(C4), level mengevaluasi (C5), sekaligus level mencipta(C6). Namun siswa berkecemasan matematika tinggi menunjukkan semua kriteria berpikir kritis fokus, reason, inference, situation, clarity, overview dalam menyelesaikan soal HOTS level menganalisis(C4), siswa berkecemasan matematika tinggi menunjukkan kriteria berpikir kritis focus, sebagian kriteria berpikir kritis reason, overview dalam menyelesaikan soal HOTS level mengevaluasi (C5) dan siswa berkecemasan matematika tinggi menunjukkan kriteria berpikir kritis focus saja dalam menyelesaikan soal HOTS level mencipta (C6). Hal ini menunjukkan bahwa siswa berkecemasan matematika rendah memiliki proses berpikir kritis lebih baik dibandingkan siswa berkecemasan matematika tinggi. Sehingga sebaiknya guru berupaya untuk meminimalisir kecemasan matematika siswa agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah HOTS.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Soal Higher Order thinking Skills, Kecemasan Matematika.
Critical thinking is an individuals mental activity to develop the knowledge possessed by considering, evaluating, and connecting information with facts or other information from various sources to make rational decisions. Factors that influence the mathematical critical thinking process include differences in math anxiety. The purpose of this study was to describe the profile of students critical thinking in solving higher-order thinking skills (HOTS) questions in terms of the level of mathematics anxiety. This study uses a descriptive type of research with a qualitative approach. The subjects of this study were 2 students of class VIII with the same level of mathematical ability and gender, including students with low math anxiety and students with high math anxiety. Data retrieval was done by giving a mathematical ability test, mathematics anxiety questionnaire (AKM), problem-solving test (TPM), and interviews. Furthermore, the problem-solving data obtained were analyzed using critical thinking criteria according to Enis, which is abbreviated as FRISCO, namely focus, reason, inference, situation, clarity, and overview. The results showed that students with low math anxiety showed all the criteria for critical thinking, focus, reason, inference, situation, clarity, overview in solving HOTS questions, analyzing level (C4), evaluating level (C5), as well as creating level (C6). However, students with high mathematics anxiety showed all the criteria for critical thinking focus, reason, inference, situation, clarity, and overview in solving HOTS level analyzing questions (C4), students with high mathematics anxiety showed focused critical thinking criteria, some criteria for critical thinking reason, overview in solving HOTS level questions evaluate (C5) and students with high math anxiety show critical thinking criteria to focus only on solving HOTS level questions to create (C6). This shows that students with low mathematics anxiety have a better critical thinking process than students with high mathematics anxiety. So the teacher should try to minimize students' math anxiety to improve students' ability to solve HOTS problems.
Keywords: Critical Thinking, Higher Order Thinking Skills Question, Mathematics Anxiety