Membaca merupakan aspek yang paling penting dari kehidupan sehari-hari dalam proses pembelajaran di sekolah. Kemampuan membaca sebagai unsur yang berpengaruh, mendasar pada semua interaksi belajar dalam keterampilan memahami. pada kenyataan di sekolah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya nilai menunjukan kurang dari KKM yang diperoleh siswa. Salah satu alternative dalam keterampilan membaca pemahaman adalah penyajian materi keterampilan membaca dengan menggunakan media komik digital. Media komik digital digunakan dengan tujuan untuk mempermudah dan membantu proses pembelajaran khususnya pada kemampuan membaca pemahaman kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran bahasa Indonesia dalam kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan media komik digital di kelas IV SDN Keputran VI/337 Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode True-Experimental, desain penelitian ini yaitu adalah posttest only control group design yang dalam pelaksanaannya melibatkan dua kelas, kelas IVa sebagai kelas kontrol dan kelas IVb sebagai kelas eksperimen. Satuan eksperimen dalam penlitian ini adalah siswa kelas IVa dan IVb masing-masing sebanyak 26 siswa. Untuk mendapat data yang akurat dalam penelitian ini, digunakan soal sebagai instrumen penelitian.
Hasil penelitian menunjukan penggunaan media komik digital dalam kemampuan membaca pemahaman kelas IV sekolah dasar dinyatakan efektif dengan dibuktikan dengan hasil test pada kelas eksperiman mengalami peningkatan yang cukup tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media komik digital dalam membaca pemahaman, memperoleh hasil rata-rata post-test yang lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan hasil uji independent sample t-test nilai post-test dengan nilai thitung > ttabel, yaitu sebesar 2,756 > 2,0085. Hal tersebut membuktikan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Selain itu, nilai signifikasi (2-tailed) menunjukkan angka 0,008 yang berarti kurang dari α = 0,05 (0,008 < 0,05). Maka hasil belajar dengan perlakuan di kelas eksperimen menunjukan hasil yang lebih tinggi dengan penggunaan media komik digital.
Kata kunci : Keefektifan media pembelajaran, Media komik digital, kemampuan membaca pemahaman
Reading is the most important aspect of everyday life in the learning process at school. The ability to read as an influential element is fundamental to all learning interactions in comprehension skills. in fact in school there are still many students who experience learning difficulties. This is indicated by the low score indicating less than the KKM obtained by students. One alternative in reading comprehension skills is presenting reading skills material using digital comic media. Digital comic media is used with the aim of facilitating and assisting the learning process, especially in students' reading comprehension skills. This study aims to determine the effectiveness of learning Indonesian in reading comprehension skills using digital comic media in class IV SDN Keputran VI/337 Surabaya.
This type of research is experimental research using the True-Experimental method, the design of this study is a posttest only control group design which in its implementation involves two classes, class IVa as the control class and class IVb as the experimental class. The experimental units in this study were students in grades IVa and IVb, each consisting of 26 students. To obtain accurate data in this study, questions were used as research instruments.
The results showed that the use of digital comic media in the ability to read comprehension for grade IV elementary schools was declared effective, as evidenced by the test results in the experimental class, which experienced a significant increase compared to the control class. The experimental class which received treatment using digital comic media in reading comprehension, obtained higher post-test average results than the control class. Based on the calculation of the independent sample t-test results, the post-test value is tcount > ttable, which is 2.756 > 2.0085. This proves that Ha is rejected and Ho is accepted. In addition, the significance value (2-tailed) shows the number 0.008 which means less than α = 0.05 (0.008 <0.05). So the learning outcomes with treatment in the experimental class show higher results with the use of digital comic media.
Keywords: The effectiveness of learning media, digital comic media, reading comprehension ability