IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DAN PENYEBABNYA PADA MATERI ELASTISITAS MENGGUNAKAN THREE – TIER DIAGNOSTIC TEST
IDENTIFICATION OF MISCONCEPTIONS AND THEIR CAUSES AT THE ELASTICITY USING A THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST
Mata pelajaran fisika dianggap sangat sulit bagi siswa sehingga siswa
sering mengalami pemahaman konsep yang berbeda dengan para
Fisikawan. Perbedaan pemahaman tersebut dapat memicu terjadinya
miskonsepsi, sehingga diperlukan upaya dan instrumen untuk mengukur
miskonsepsi siswa yang biasa disebut tes diagnostik, salah satu
diantaranya berbentuk three-tier. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi miskonsepsi siswa dan penyebabnya pada materi
elastisitas. Penelitian miskonsepsi pada materi elastisitas belum banyak
dijumpai, namun penelitian terkait dengan materi elastisitas banyak
dilakukan pada pengembangan modul dan model pembelajaran. Dengan
menerapkan desain penelitian deskriptif, penelitian ini diawali dari tahap
identifikasi masalah melalui survei di sekolah dan kajian empiris berbagai
artikel penelitian, menyiapkan instrumen tes diagnostik miskonsepsi
three-tier dan angket konfirmasi pemahaman konsep hingga diperoleh
kelayakan instumen, kemudian menjaring data miskonsepsi 30 siswa
kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Berbek Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa
Timur. Data hasil tes dan angket siswa dianalisis secara deskriptif dan
diperoleh temuan bahwa siswa telah mengalami miskonsepsi tertinggi
pada konsep tegangan dan regangan 13 % miskonsepsi false positif, dan
50 % miskonsepsi murni. Miskonsepsi tersebut disebabkan oleh
pembelajaran online yang mempengaruhi pemahaman siswa, serta
disebabkan oleh false positif sebesar 8%. Dengan demikian, kandidat
utama penyebab miskonsepsi adalah false positif dan pembelajaran
daring, sehingga siswa tidak memahami konsep. Penelitian ini juga dapat
digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran siswa.
Kata kunci: elastisitas, miskonsepsi, tes diagnostik three - tier
Physics subjects are considered very difficult for students, so students
often experience a different understanding of concepts from physicists.
The difference in performance can trigger misconceptions, so efforts and
instruments are needed to measure students' misconceptions, commonly
called diagnostic tests, in the form of a three-tier. This study identifies
students' misconceptions and causes in the elasticity material. There are
not many misconceptions about research on elasticity material, but
research related to elasticity material is mainly done in the development
of learning modules and models. By applying a descriptive research
design, this research begins with the identification of problems through
school surveys and empirical studies of various research articles.
Prepares a three-tier misconception diagnostic test instrument and a
questionnaire to confirm understanding of the concept to obtain the
instrument's feasibility, then collects data on the misconceptions of 30
class XI MIPA students SMA Negeri 1 Berbek, Nganjuk Regency, East
Java Province. The data from the test results and student questionnaires
were analyzed descriptively. It was found that students had high
misconceptions in the concept of elasticity, namely the stress and strain of
13 % false positive misconception, and 50 % pure misconception, This
misconception is caused by online learning, then driven by false positives
by 8%. Thus, the primary causes of misunderstandings are false positives
and online learning, so that student do not understand the concept. This
research can also be used to evaluate student learnin.
Keywords: elasticity, misconception, three-tier diagnostic test