Determinan Keputusan Pembelian Jilbab Melalui Online Shop
Determinant Of Hijab Purchasing Decisions Through Online Shop
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin cepat, semua dapat diakses dengan mudah melalui internet, hal ini berdampak pada inovasi kegiatan belanja menjadi belanja online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, kepercayaan, kemudahan, harga, efisiensi waktu dan biaya, kelompok acuan, kualitas informasi, dan promosi terhadap keputusan pembelian jilbab melalui online shop. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, uji F dam koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup, harga, efisiensi waktu dan biaya, kelompok acuan, kualitas informasi, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian jilbab melalui online shop, sedangkan kepercayaan dan kemudahan tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian jilbab melalui online shop. Hasil uji F menunjukkan bahwa gaya hidup, kepercayaan, kemudahan, harga, efisiensi waktu dan biaya, kelompok acuan, kualitas informasi, dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian jilbab pada mahasiswi Program Studi S1 Ekonomi Islam Universitas Negeri Surabaya melalui online shop.
Kata Kunci : Jilbab,Keputusan Pembelian, Online Shop
The development of information and communication technology is getting faster, all can be accessed easily via the internet, this has an impact on the innovation of shooping activities into online shopping. This research aims to determine the influence of lifestyle, trust, ease, price, time and cost efficiency, reference groups, quality of information, and promotion of hijab purchasing decisions through online shop. The type of research is quantitative with quantitative descriptive methods with some analysis techniques used are t test, F test and coefficient of determination test (R2). The results showed that lifestyle, price, time and cost efficiency, reference groups, quality of information, and promotion affect the purchasing decisions hijab through online shop, while trust and ease do not affect purchasing decisions hijab through an online shop. F test results show that lifestyle, trust, ease, price, time and cost efficiency, reference groups, quality of information, and promotion together have and affect on the purchasing decisions hijab on female students S1 Islamic Economics at State University of Surabaya through online shop.
Keywords: Hijab, Purchase Decision, Online Shop