ABSTRAK
PERAN INSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA PELATIHAN TATA RIAS PENGANTIN DI BALAI LATIHAN KERJA ( BLK ) KABUPATEN JOMBANG
Nama : Lailatul Ram’dhana Kurniastuti
NIM : 15010034005
Jurusan : Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Prof. Dr. Maria Veronika Roesminingsih, M.Pd
Penelitian ini berawal dari permasalahan pokok yakni bagaimana peran instruktur dalam meningkatkan motivasi belajar peserta pelatihan tata rias pengantin, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai : (1) Peran instruktur dalam meningkatkan motivasi belajar peserta pelatihan tata rias pengantin; (2) Motivasi belajar peserta pada program pelatihan tata rias pengantin.
Peneliti menggunakan metode kualitatif, dengan mendeskripsikan, menguraikan dan menggambarkan tentang peran instruktur. Subyek peneliti meliputi dua orang instruktur serta lima orang peserta pelatihan tata rias pengantin. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data dengan reduksi data , penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian di dapat dua kesimpulan. Pertama instruktur meningkatkan minat peserta pelatihan untuk belajar dengan memberikan motivasi sebelum dan di akhir pembelajaran mengenai pentingnya kebutuhan keterampilan dalam meningkatkan kualitas diri mereka serta memberi pujian ,seperti pemberian pujian berupa kata-kata yang sifatnya membangun pada peserta yang memiliki semangat yang tinggi . Kedua motivasi belajar peserta pelatihan yang tinggi terlihat dari antusias kehadiran peserta pelatihan yang aktif dalam mengikuti pembelajaran, serta para peserta yang berusaha menyelesaikan tugasnya secara tuntas tanpa menunda-nunda tugas yang telah diberikan oleh instruktur.
Kata kunci : Peran instruktur, pelatihan,motivasi belajar
ABSTRACT
THE ROLE OF INSTRUCTORS IN IMPROVING LEARNING MOTIVATION OF TRAINING PARTICIPANTS BRIDAL MAKEUP IN JOB TRAINING CENTER JOMBANG DISTRICT
Name : Lailatul Ram’dhana Kurniastuti
Department : Outside School Education
Faculty : Faculty of Education
Name of Institution : Surabaya State University
Advisor : Prof. Dr. Maria Veronika Roesminingsih, M.Pd
This research starts from the main problem, namely how the role of the instructor in increasing the learning motivation of the bridal makeup trainees, so that this study aims to analyze about: (1) The role of the instructor in increasing the learning motivation of bridal makeup trainees; (2) Motivation of learning participants in the bridal makeup training program.
The researcher uses qualitative methods, by describing the role of the instructor. The research subjects included two instructors and five bridal makeup trainees. The method of data collection uses observation, interview, and documentation techniques, and uses data analysis techniques with data reduction, data presentation and conclusion drawing.
The results of the study obtained two conclusions. First the instructor increases the interest of the trainees to learn by providing motivation before and at the end of the lesson regarding the importance of skills needs in improving their quality and giving praise, such as giving praise in the form of constructive words to participants who have high enthusiasm. Second, Both the participants' high learning motivation was seen from the enthusiastic presence of the training participants who were active in participating in the learning, as well as the participants who tried to complete their assignments completely without delaying the tasks given by the instructor.
Keywords: Instructor role, training, learning motivation