Pelayanan dibidang kesehatan merupakan aspek yang sangat penting karena sektor kesehatan merupakan salah satu unsur yang harus diwujudkan bagi suatu negara dalam mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat. Salah satunya RSUD di Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu rumah sakit milik pemerintahan daerah yang mengutamakan pelayan yang optimal untuk pasien. RSUD Sidoarjo mengeluarkan pngantrian pasien instalasi rawat jalan secara online yaitu program Santri (SMS antrian) di semua poliklinik yang ada di RSUD Sidoarjo pada 1 April tahun 2016 diseluruh poliklinik RSUD Sidoarjo. Tetapi sejak tanggal 5 September 2019 Santri (SMS antrian) berubah menjadi aplikasi yang bernama Santri RS (SMS antrian Rumah Sakit) yang dapat di download di HP Android melalui google playstore. Di dalam aplikasi SANTRI RS Android, mengakomodir kebutuhan pasien terkait antrian untuk rawat jalan di RSUD Sidoarjo. Terkait pelayanan rawat jalan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil Inovasi Aplikasi Santri RS (SMS Antrian Rumah Sakit) Android Di Instlasi Rawat Jalan Poliklinik Spesialis Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sidoarjo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan fokus penelitiannya menggunakan inovasi perawatan kesehatan (Bugge et al., 2018). Faktor kunci yang di fl pengaruh proses inovasi di sektor publik meliputi, antara lain: Tata Kelola Inovasi, Sumber ide-ide untuk inovasi, Budaya inovasi, Kemampuan dan alat-alat, Tujuan, hasil, driver, dan hambatan, Mengumpulkan data inovasi untuk inovasi tunggal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa didalam 6 indikator penelitian terdapat berbagai kendala, meliputi : Governance and innovation (Tata kelola inovasi) yang terdapat dalam inovasi aplikasi Sanri RS Android di instalasi rawat jalan poliklinik spesialis RSUD Sidoarjo dengan adanya payung hukum dan SOP (Standart Operasional Prosedur) dalam pelaksanaan nya, Innovation culture (Budaya inovasi) pasien yang sudah mendaftar melalui aplikasi Santri RS juga mendaftar manual sehingga pasien tersebut mendaftar melalui dua cara dengan nomor antrian yang didapat sama saja, Objectivies Outcomes drivers and obstalces Dari beberapa hambatan yang terjadi menimbulkan harapan kedepan nya dari pasien untuk pelaksanaan aplikasi santri rs android yaitu sosialisasi pihak RSUD Sidoarjo lebih ditingkatkan dan diperbaiki lagi didalam aplikasi agar tidak sering terjadi error.
Kata Kunci : Inovasi Pelayanan, e-government, Aplikasi SANTRI RS
Health services is a very important aspect because the health sector is one of the elements that must be realized for a country in measuring the level of welfare of the community. One of them is RSUD in Sidoarjo Regency, which is a hospital owned by the regional government that prioritizes optimal service for patients. Sidoarjo District Hospital issued an online outpatient patient installation namely the Santri program (SMS queue) in all polyclinics in Sidoarjo District Hospital on April 1, 2016 throughout the Sidoarjo District Hospital polyclinic. But since September 5, 2019 Santri (SMS queue) changed to an application called Santri RS (SMS queue Hospital) which can be downloaded on the Android mobile via Google Playstore. In the Android Hospital application SANTRI, accommodate the needs of patients related to the queue for outpatient care at Sidoarjo District Hospital. Related to outpatient services. This research aims to find out and describe the results of Android Santri Hospital Application Innovations (SMS Hospital Queue) in the Outpatient Polyclinic Installation Specialist at the General Hospital of Sidoarjo Regency.
The research method used is descriptive research method with a qualitative approach. While the focus of his research uses health care innovation (Bugge et al., 2018). Key factors influencing the innovation process in the public sector include, among others: Innovation Governance, Sources of ideas for innovation, Innovation culture, Capabilities and tools, Objectives, results, drivers, and obstacles, Collecting innovation data for innovation single. Data collection techniques used were observation, interviews and documentation. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions.
The results showed that in the 6 research indicators there were various obstacles, including: Governance and innovation contained in the Sanri Android application innovation in the outpatient installation of a specialist polyclinic in Sidoarjo Hospital with the existence of a legal umbrella and SOP (Standard Operating Procedure) in its implementation, Innovation culture (patient Innovation culture) patients who have registered through the Santri RS application also register manually so that patients register through two ways with the same queue number obtained, Objectivies Outcomes drivers and obstalces patients for the implementation of the android rs santri application, namely the socialization of the Sidoarjo District Hospital further improved and improved again in the application so that errors do not often occur.
Keyword : Service Innovation, e-government, Application of SANTRI Hospital