Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat stres akademik selama pembelajaran daring pada peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Sidoarjo. Sesuai dengan tujuan dari penelitian maka jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif menggunakan metode survei dengan pengumpul data menggunakan Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA). Teknik analisis data berupa statistik deskriptif dilihat dari nilai rata-rata (mean), standar deviasi dan pengkategorian skor dengan memanfaatkan Microsoft Office Excel. Hasil menunjukkan bahwa peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Sidoarjo rata-rata memiliki tingkat stres akademik yang sedang dengan persentase sebesar 68,2%.
The aim of the study was to determine the level of academic stress during online learning in State Senior High School students in Sidoarjo Regency. In accordance with the objectives of the study, this type of research is quantitative descriptive using a survey method with data collection using the Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA). Data analysis technique in the form of descriptive statistics seen from the average value (mean), standard deviation and score categorization by utilizing Microsoft Office Excel. The results show that the students of SMA Negeri in Sidoarjo Regency on average have a moderate level of academic stress with a percentage of 68.2%.