ANALISIS INDEKS KEPUASAAN MASYARAKAT PADA LAYANAN KEPENGURUSAN SURAT KETERANGAN TANDA LAPOR KEHILANGAN (SKTLK) DI POLSEK JAMBANGAN
ANALYSIS OF THE PUBLIC SATISFACTION INDEX ON THE MANAGEMENT SERVICE OF THE CERTIFICATE OF LOSS REPORT (SKTLK) AT THE JAMBANGAN POLICE STATION
Permasalahan yang terdapat pada layanan kepengurusan Surat Keterangan Tanda Lapor Kehilangan (SKTLK), Polsek Jambangan belum melaksanakan IKM, kurangnya sumber daya manusia yang mengakibatkan pelayanan yang kurang maksimal, kurangnya publikasi terkait informasi mengenai layanan kepengurusan Surat Keterangan Tanda Lapor Kehilangan (SKTLK) dan kurangnya sarana prasarana. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada layanan kepengurusan Surat Keterangan Tanda Lapor Kehilangan ( SKTLK ) di Polsek Jambangan.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Dalam penelitian ini untuk mengukur kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan oleh Polsek Jambangan adalah dengan menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling dengan jumlah populasi sebanyak 250 orang dan jumlah sampel sebanyak 71 orang dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan Indeks Kepuasaan Masyarakat di Polsek Jambangan masuk ke dalam kategori “BAIK”dengan nilai interval yaitu sebesar 81,57. Unsur-unsur di Polsek Jambangan yang telah memberikan kepuasan kepada masyarakat dan perlu mempertahankan pelayanan yang baik yaitu unsur persyaratan, unsur waktu pelayanan, unsur biaya/tarif, unsur produk spesifikasi jenis pelayanan, dan unsur kompetensi pelaksana. Sedangkan unsur-unsur yang masih harus diperbaiki dan masih ditemukan keluhan masyarakat yaitu unsur system, mekanisme, dan prosedur, Unsur perilaku pelaksana, Unsur Penanganan pengaduan, saran dan masukan dan unsur yang memiliki nilai unsur terendah yaitu unsur sarana dan prasarana.
Saran yang diberikan untuk Polsek Jambangan dalam memperbaiki unsur-unsur yang belum sepenuhnya berjalan lancar yaitu, unsur system, mekanisme dan prosedur sebaiknya memberikan informasi untuk SOP dan jam operasional di area Polsek Jambangan, untuk perilaku pelaksana sebaiknya menerapkan 3S kepada pemohon, unsur penanganan pengaduan, saran dan masukan yaitu sebaiknya Polsek Jambangan menerapkan teknologi informasi untuk survei kepuasaan, dan yang terakhir untuk sarana dan prasarana yaitu sebaiknya Polsek Jambangan melakukan melakukan inventarisasi barang dan melakukan pengajuan pengadaan barang
The problems that exist in the service of managing the Certificate of Loss Report (SKTLK), Polsek Jambangan has not implemented the IKM, lack of human resources which results in less than optimal service, lack of publication related to information about the service of managing the Certificate of Loss Report (SKTLK) and lack of infrastructure. Therefore, the purpose of this study is to describe and analyze the results of the Community Satisfaction Index (SMI) on the service of managing the Certificate of Loss Report (SKTLK) at the Jambangan Police.
This research uses a quantitative approach with a survey method. In this study, to measure public satisfaction with the services provided by Jambangan Police is to use the Community Satisfaction Index in accordance with the Regulation of the Minister of Administrative Reform of Bureaucratic Reform (Permenpan RB) Number 14 of 2017 concerning Guidelines for Preparing Community Satisfaction Surveys for Public Service Delivery Units. The sampling technique used Accidental Sampling with a population of 250 people and a sample size of 71 people using data collection techniques in the form of questionnaires.
The results showed that the Community Satisfaction Index at Jambangan Police fell into the "GOOD" category with an interval value of 81.57. The elements in Polsek Jambangan that have provided satisfaction to the community and need to maintain good service are the elements of requirements, elements of service time, elements of costs/tariffs, elements of product specifications of service types, and elements of executive competence. While the elements that still have to be improved and there are still public complaints, namely the elements of systems, mechanisms, and procedures, elements of executor behavior, elements of handling complaints, suggestions and input and elements that have the lowest elemental value, namely the elements of facilities and infrastructure..
Suggestions given to Polsek Jambangan in improving elements that have not fully run smoothly, namely, elements of systems, mechanisms and procedures should provide information for SOPs and operating hours in the Polsek Jambangan area, for the behavior of implementers should apply 3S to applicants, elements of complaint handling, suggestions and input, namely Polsek Jambangan should apply information technology for satisfaction surveys, and the last for facilities and infrastructure, namely Polsek Jambangan should conduct an inventory of goods and make submissions for the procurement of goods.