Analisis Faktor yang Mempengaruhi Intensi Penggunaan Berkelanjutan terhadap E-Learning UNESA
Analysis of Factors Influencing Continued Use Intention of UNESA E-Learning
E-Learning merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengakses dan memfasilitasi pembelajaran. Universitas Negeri Surabaya (UNESA) telah menerapkan e-learning yang dapat diakses melalui Sinau Digital UNESA, tetapi belum dijalankan secara optimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi pengguna untuk terus menggunakan e-learning UNESA secara keberlanjutan dengan menggunakan gabungan metode Unified Theory of Acceptance and Use Technology3 (UTAUT3) dengan Expectation Confirmation Model (ECM). Penelitian ini menggunakan data 185 responden mahasiswa Teknik UNESA yang merupakan pengguna e-learning UNESA. Data tersebut diolah menggunakan metode SEM-PLS dengan bantuan program Smart-PLS 4. Hasil dari penelitian ini adalah variabel yang mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap penggunaan berkelanjutan e-learning UNESA adalah performance expectancy, effort expectancy, facilitating conditions, habit dan personal innovativeness. Sedangan hubungan antar variabel yang memiliki pengaruh negative dan/atau tidak signifikan terhadap intensi berkelanjutan adalah hedonic motivation, satisfaction dan social influence.
E-Learning is a learning method that utilizes information and communication technology to access and facilitate learning. Surabaya State University (UNESA) has implemented e-learning that can be accessed through Sinau Digital UNESA, but has not been implemented optimally. This study was conducted with the aim of determining the factors that influence users to continue using UNESA e-learning sustainably by using a combination of the Unified Theory of Acceptance and Use Technology3 (UTAUT3) method with the Expectation Confirmation Model (ECM). This study used data from 185 UNESA Engineering student respondents who were UNESA e-learning users. The data was processed using the SEM-PLS method with the help of the Smart-PLS 4 program. The results of this study are that the variables that have a positive and significant effect on the continued use of UNESA e-learning are performance expectancy, effort expectancy, facilitating conditions, habits and personal innovativeness. Meanwhile, the relationship between variables that have a negative and/or insignificant effect on continued intention are hedonic motivation, satisfaction and social influence.