PENGGUNAAN METODE DRILL TERHADAP KETERAMPILAN VOKASIONAL SISWA TUNAGRAHITA RINGAN
THE USE OF THE DRILL METHOD ON THE VOCATIONAL SKILLS OF MILD STUDENTS
Rendahnya tingkat kecerdasan siswa tunagrahita ringan mengakibatkan daya pikir yang rendah dan kurangnya kreativitas dalam membuat suatu produk, selain itu mereka juga dituntut memiliki keterampilan vokasional agar mampu hidup mandiri. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pembelajaran yang melatih keterampilan vokasional dengan menggunakan metode yang sesuai dengan karakteristik siswa tunagrahita ringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan metode drill terhadap keterampilan vokasional siswa tunagrahita ringan sudah efektif atau belum serta menjelaskan peningkatan setelah penggunaan metode drill terhadap keterampilan vokasional siswa tunagrahita ringan. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah metode drill. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur (literature review). Sumber data yang digunakan dalam pencarian literature review ini menggunakan database Google scholar, RC Institute, Ranah Reserarch, GARUDA Journal, Jurnal Ortopedagodia dan Sinta. Sumber data memiliki rentang terbit 5 tahun dari 2015 sampai dengan tahun 2021. Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan serta analisis yang telah dikemukakan, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan metode drill sebagai salah satu metode yang efektif dalam peningkatkan keterampilan vokasional anak tunagrahita ringan. Karena penggunaan metode drill ini menunjukkan adanya pengaruh pada peningkatkan keterampilan vokasional siswa tunagrahita ringan. Hasil ketrampilan vokasional berupa keterampilan pembuatan telur asin terhadap kemampuan mengenal alat dan bahan menyimpulkan bahwa kemampuan siswa tunagrahita ringan dalam mengenal alat dan bahan telur asin mencapai 92%, sedangkan hasil kemampuan telur asin I, II dan III sebesar 43%, 64 % dan 80% dengan rerata hasil posttest 88%, kemudian ada keterampilan membuat kue kering dengan hasil penelitianp(x) 0,00271 ≤ ∝ 1,0000, maka H0 ditolakdan Ha diterima yang artinya ada pengaruh metode Drill terhadap keterampilan membuat kue kering bagi siswa tunagrahita ringan.
Kata kunci: metode drill, keterampilan vokasional, tunagrahita ringan
The low level of intelligence of mild mentally retarded students results in low thinking power and lack of creativity in making a product, besides that they are also required to have vocational skills to be able to live independently. Therefore, to overcome this problem, learning is needed that trains vocational skills by using methods that are in accordance with the characteristics of mild mentally retarded students. The purpose of this study was to analyze the use of the drill method on the vocational skills of mild mentally retarded students and to explain the improvement after using the drill method on the vocational skills of mild mentally retarded students. One method that can be used is the drill method. This research uses descriptive qualitative research, with the research method used is literature review. The data sources used in this literature review search used the Google scholar database, RC Institute, Ranah Researcher, GARUDA Journal, Orthopedagodia Journal and Sinta. The data sources have a range of 5 years from 2015 to 2021. Based on the results of the research, discussion and analysis that have been put forward, it can be concluded that the use of the drill method is one of the effective methods in improving the vocational skills of children with mild mental retardation. Because the use of this drill method shows an effect on improving the vocational skills of mild mentally retarded students. The results of vocational skills in the form of salted egg making skills on the ability to recognize tools and materials concluded that the ability of mild mentally retarded students in recognizing salted egg tools and materials reached 92%, while the results of salted egg abilities I, II and III were 43%, 64% and 80% with an average posttest result of 88%, then there is the skill of making pastries with research results p(x) 0.00271 1.0000, then H0 is rejected and Ha is accepted, which means that there is an effect of the Drill method on the skills of making pastries for students with mild mental retardation.
Key words: drill methods, vocational skills, mild mental retardation