PERANCANGAN FLAP BOOK PENGENALAN HURUF ALFABET UNTUK ANAK PRASEKOLAH
FLAP BOOK TO INTRODUCE ALPHABET LETTERS FOR PRESCHOOL CHILDREN
Flapbook adalah buku berjendela yang bisa dibuka serta ditutup, memuat informasi visual didalamnya, sehingga menarik anak dalam belajar. Tujuan dari perancangan FlapBook mengenai pengenalan huruf alfabet pada anak adalah untuk mengembangkan pola baru dengan metode pembelajaran visual dan motorik, yaitu dengan penambahan tema dan alur pada tiap halamannya yang nantinya akan membantu anak lebih tertarik saat membaca. Menggunakan huruf alfabet sebagai pengenalan dari nama-nama binatang, memakai inisial huruf depan dengan keterangan nama binatang didalamnya, serta penambahan dari bentuk binatang. Menargetkan para orangtua sebagai target audience utama, bertujuan agar membantu mempermudah proses pembelajaran anak menggunakan proses parenting. Tahapan dalam perancangan ini meliputi pengumpulan data, analisis data, penyusunan konsep, dan pembuatan desain final. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis 5W1H (What) Apa, (Why) Kenapa, (When) Kapan, (Where) Dimana, (Who) Siapa, (How) Bagaimana. Terdapat 26 ilustrasi karakter binatang sesuai dengan jumah huruf alfabet berjumlah 10 halaman. Proses perancangan ilustrasi karakter binatang dan 5 tempat background menggunakan proses digitial. Media pendukung dari perancangan ini berupa boneka tangan berkarakter binatang yang terdapat didalam flapbook, kotak pensil, kaos bergambar binatang dengan penjelasan huruf dan nama binatang di belakangnya.
Kata Kunci: Flapbook, Alfabet, Parenting, Anak, Hewan.
Flapbook is a book with windows that can be opened and closed, contains visual information in it, so that it attracts children in learning. The purpose of designing the FlapBook regarding the introduction of alphabet letters in children is to develop new patterns with visual and motoric learning methods, namely by adding themes and grooves on each page which will help children be more interested in reading. Using the letters of the alphabet as the identification of animal names, using the initials of the first letters with the name of the animal in it, as well as the addition of animal shapes. Targeting parents as thetarget audience main, aims to help facilitate the learning process of children using theprocess parenting. The stages in this design include data collection, data analysis, drafting, and final design. Data collection techniques through interviews, observation, and documentation. Technical analysis of data using analysis 5W1H (What) What, (Why) Why, (When) When, (Where) Where, (Who) Who, (How) How. There are 26 illustrations of animal characters according to 10 pages of the alphabet. The process of designing an illustration of animal characters and 5places background uses a digital process. The supporting media for this design are hand puppets with animal characters inside the flapbook, pencil cases, t-shirts with animal pictures with an explanation of the letters and names of the animals on the back.
Keywords: Flapbook, Alphabet, Parenting, Children, Animal.