ANALISIS ARGUMEN MATEMATIKA SISWA SMA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER-VERBALIZER
ANALYSIS OF HIGH SCHOOL STUDENTS’ MATHEMATICAL ARGUMENTS IN TERMS OF VISUALIZER-VERBALIZER COGNITIVE STYLE
Kemampuan berargumen merupakan salah satu hal penting untuk dimiliki siswa karena dapat mengukur pemahaman siswa. Dalam hal pembelajaran matematika, argumen matematika dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan dan memahami konsep matematika siswa. Salah satu studi untuk mengidentifikasi serta menilai kualitas argumen matematika siswa ialah Toulmin Argumentation Pattern. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis argumen matematika siswa SMA ditinjau dari gaya kognitif visualizer-verbalizer dengan menggunakan teori argumen Toulmin. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 4 orang siswa kelas XI SMA dengan komposisi 2 siswa bergaya kognitif visualizer dan 2 siswa lainnya bergaya kognitif verbalizer. Instrumen yang digunakan ialah tes gaya kognitif, tes argumen matematika dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dari tes argumen matematika akan di analisis berdasarkan teori argumen Toulmin dimana terdiri atas 6 komponen yaitu data, claim, warrant, backing, qualifier, dan rebuttal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bergaya kognitif visualizer dan verbalizer mampu menunjukkan semua komponen argumen pada soal dengan claim awal salah dan tidak berhasil menunjukkan rebuttal pada soal dengan claim awal yang benar . Siswa bergaya kognitif visualizer hanya mampu menunjukkan warrant bertipe induktif. Dalam menyusun argumennya, siswa bergaya kognitif visualizer menunjukkan lebih sering menggunakan simbol-simbol dengan bahasa yang singkat tapi langsung ke tujuan. Siswa bergaya kognitif verbalizer mampu menunjukkan warrant bertipe induktif, structural-intuitif dan deduktif. Argumen siswa bergaya kognitif verbalizer lebih bermain dengan kata-kata dan mampu memberikan kesimpulan akhir dengan jelas dan rinci dengan bahasa yang mudah dipahami.
The ability of argument is one of the important things be possessed by student because it can measure their understanding. In mathematics learning, mathematical argument can help student develop their mathematical abilities and understanding their mathematical concepts. One of study to identify and evaluate the quality of students’ mathematical argument is Toulmin Argumentation Pattern. The aim of this study is to analyze mathematical argument of senior high school student in term of cognitive style visualizer-verbalizer with Toulmin Argumentation Pattern. The method used in this research is descriptive research with qualitative approach. The subject of this research consisted of 4 grade 11 student with a composition of 2 students with visualizer cognitive style and 2 students with verbalizer cognitive style. The instrument used in this study is cognitive style test, mathematical argument test, and interview guidelines. Data obtained from mathematical argument test will be analyze with Toulmin argumentation pattern, where the arguments consists of six component : data, claim, warrant, backing, qualifier, and rebuttal. The result of this research shows that the students with visualizer and verbalizer cognitive style are able to show all component of argument on the mathematical argument test which has wrong claim, but failed to show rebuttal on the mathematical argument test which has right claim. The students with visualizer cognitive style only show inductive warrant. When arrange the arguments, the students with visualizer cognitive style showed more frequent used symbols with short and direct language. The students with verbalizer cognitive style are able to show inductive warrant, structural-intuitif warrant and deductive warrant. Argument of the students with verbalizer cognitive style play with words and able to provide clear and detailed final claim in easy to understand language.