Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Kajeksan. Hal tersebut dikarenakan kurangnya dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif, dan menjadikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS rendah. Oleh karena itu, peneliti ingin memperbaiki hasil belajar siswa dengan menggunakan media Pop Up Book. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dengan menggunakan media Pop Up Book serta meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Kajeksan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanan tindakan dan pengamatan serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media Pop Up Book, hasil belajar siswa kelas IV mengalami peningkatan. Data hasil aktivitas guru menunjukkan peningkatan, pada siklus I mencapai 72,05%, dan siklus II mencapai 84,21%. Sedangkan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I mencapai 71,87% dan siklus II mencapai 82,81%. Aktivitas guru dan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ≥80%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 65% dan siklus II mencapai 85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa serta aktivitas guru dan siswa setelah penggunaan media pembelajaran Pop Up Book.
Kata Kunci : Media Pop Up Book, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS
The background of this study is the low learning outcomes of students in the Social studies subjects in four grade SDN Kajeksan. This is due to lack use of learning media, so students are less active, and make students learning outcomes in social studies subjects low. Therefore, researchers want to improve student learning outcomes using Pop Up Book media. The aim of this study is to describe the teachers activities and students activities in teaching and learning process using Pop Up Book media and to increase the learning result in Social studies of the four grade students of SDN Kajeksan. The research Classroom Action Research which is done in two cycles. Each cycle consist of planning, implementation of action and observation then reflection. The data collection techniques are observation and test. The result of this study show that the learning result of the four grade in Social studies have increase by using Pop Up Book media. The data results of teacher activities show enhancement, in first cycle shows 72,05%, and becomes 84,21% in second cycle. Then the student activities also increase, in first cycle shows 71,87%, and becomes 82,81% in second cycle. The completeness of students classical learning result test in first cycle shows 65% and becomes 85% in second cycle. The sum up, the learning result of the students and the teacher activities are enhancement after using Pop Up Book media.
Keywords : Pop Up Book Media, Learning result, Social studies