Pengembangan Panduan Bimbingan Psychological Well-Being Siswa SMK
Development of Psychological Well-Being Guidance Guide for Vocational School Students
Dela Prihartini, Pengembangan Panduan Bimbingan Psychological Well-Being Siswa SMK. Tesis, Surabaya, Program Studi S2 Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, 2024.
Siswa seringkali mengalami perasaan tidak aman dan tidak nyaman ketika mengalami tekanan dan tuntutan baik dalam diri individu maupun di luar individu. Salah satu dampak yang terjadi ialah siswa merasa kesulitan dalam beradaptasi, membangun hubungan positif, serta mengembangkan potensi yang dimiliki. Hal tersebut perlu diperhatikan oleh guru BK, yang mana bahwa tujuan dari bimbingan dan konseling ialah untuk membantu siswa dalam mengembangkan potensi yang dimiliki serta mengatasi permasalahan yang terjadi pada siswa. Adapun salah satu layanan BK yang dapat diberikan adalah bimbingan klasikal. Namun, guru BK perlu memiliki sebuah pedoman dalam memberikan layanan BK seperti buku panduan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk buku panduan bimbingan psychological well-being siswa SMK. Panduan ini digunakan guru BK untuk meningkatkan psychological well-being siswa khususnya dimensi hubungan positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 calon pengguna, dan 30 siswa. Selain itu, instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara, angket akseptabilitas, serta angket psychological well-being yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan hasil yang diperoleh dari uji ahli materi, ahli media, dan calon pengguna yang menunjukkan bahwa produk panduan bimbingan psychological well-being siswa SMK telah memenuhi aspek-aspek akseptabilitas sesuai isi materi dan desain medianya. Adapun pada tahap implementasi diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan skor psychological well-being siswa yang cukup signifikan ketika sebelum dan sesudah dilakukannya layanan bimbingan. Selain itu, buku panduan ini juga dapat diakses secara online oleh guru BK melalui scan barcode atau link yang tersedia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan panduan bimbingan psychological well-being siswa SMK ini layak untuk digunakan sebagai referensi guru BK dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling.
Kata Kunci: Pengembangan, Panduan Bimbingan, Psychological Well Being
Dela Prihartini, Development of Psychological Well-Being Guidance Guide for Vocational School Students. Thesis, Surabaya, Master of Guidance and Counseling Study Program, Faculty of Education, 2024.
Students often experience feelings of insecurity and discomfort when experiencing pressure and demands both within themselves and outside the individual. One of the impacts that occurs is that students find it difficult to adapt, build positive relationships, and develop their potential. Guidance and counseling teachers need to pay attention to this, the aim of guidance and counseling is to help students develop their potential and overcome problems that occur to students. One of the counseling services that can be provided is classical guidance. However, guidance and counseling teachers need to have a guideline in providing guidance and counseling services such as a guidebook. This research aims to produce a guidebook product for psychological well-being guidance for vocational school students. This guide is used by guidance and counseling teachers to improve students' psychological well-being, especially the dimension of positive relationships. The method used in this research is the ADDIE development model which includes analysis, design, development, implementation and evaluation stages. The test subjects in this research consisted of 1 material expert, 1 media expert, 1 potential user, and 30 students. Apart from that, the data collection instruments used in this research are interviews, acceptability questionnaires, and psychological well-being questionnaires which have been tested for validity and reliability. The data analysis technique in this research uses a descriptive analysis method with the results obtained from tests by material experts, media experts and prospective users which show that the psychological well-being guidance product for vocational school students has met acceptability aspects according to the content of the material and media design. Meanwhile, at the implementation stage, the results showed that there was a significant increase in students' psychological well-being scores before and after the guidance service was provided. Apart from that, this guidebook can also be accessed online by BK teachers by scanning the barcode or link provided. So it can be concluded that the development of a psychological well-being guidance guide for vocational school students is suitable for use as a reference for guidance and counseling teachers in implementing guidance and counseling services.
Keywords: Development, guidance, psychological well-being