PEMALSUAN MEREK OLI DI BENGKEL “SINAR JAYA MOTOR (SJM)” DI KABUPATEN LAMONGAN
CASE STUDY OF CRIMINAL ACTION OF OIL BRAND FORMING AT “SINAR JAYA MOTOR (SJM)” WORKSHOP IN LAMONGAN REGENCY
Berdasarkan wawancara yang peneliti lakukan dengan Bapak Didin selaku pemilik bengkel Sinar Jaya Motor, saat ini banyak produsen oli bekas yang tidak jujur dengan cara menjual oli bekas yang diolah kembali dan dijual menyerupai merek oli yang asli. Seiring dengan bertambahnya jumlah volume kendaraan bermotor tingkat kebutuhan oli kendaraan juga semakin meningkat namun peredaran oli juga semakin marak dan beragam jenisnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang penanganan pihak kepolisian dalam tindak pidana pemalsuan merek oli serta penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala yang dihadapi pihak kepolisian dalam menangani tindak pidana pemalsuan merek oli serta untuk mengetahui upaya kepolisian dalam menangani penyidikan tindak pidana pemalsuan merek oli. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis dan teknik analisis deskriptif dengan cara dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanganan pihak kepolisian dalam hal ini masih belum menjemput bola, hanya menunggu aduan dari pihak yang dirugikan. Kepolisian melakukan tindakan ataupun sosialisasi mengenai hak merek penyalahgunaan oli bekas termasuk melanggar Pasal 100 Undang-undang Nomor. 20 Tahun 2016 ayat (1) tentang merek. Kendala-kendala yang dihadapi yakni didalam pelaksanaan perlindungan hukum bagi pemegang merek di antaranya kurangnya sosialisasi Undang-undang merek serta belum cukup tindakan di antara aparat penegak hukum dalam menghadapi pelanggaran merek. Upaya mengatasi hambatan hukum dalam kasus pemalsuan merek oli dilakukan oleh pihak kepolisian serta melakukan tindakan jemput bola dan ditunjang kerja sama dengan pihak yang berkompeten dalam bidang merek yakni Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual.
Kata kunci: Tindak pidana, Pemalsuan, Merek, Oli.
Based on interviews conducted by researchers with Mr. Didin as the owner of the Sinar Jaya Motor workshop, currently many used oil producers are dishonest by selling used oil that is reprocessed and sold like the original oil brand. Along with the increase in the volume of motorized vehicles, the level of demand for vehicle oil is also increasing, but the circulation of oil is also increasingly widespread and of various types.
This study aims to examine the handling of the police in the crime of oil brand counterfeiting and this study is to find out the obstacles faced by the police in dealing with the crime of oil brand counterfeiting and to determine the police's efforts in handling the investigation of the oil brand counterfeiting crime. This research is a qualitative research with a sociological juridical approach and descriptive analysis techniques by means of documentation and interviews.
The results of the study indicate that the handling of the police in this case still has not picked up the ball, just waiting for complaints from the aggrieved party. The police take action or socialize the right to use used oil brands, including violating Article 100 of Law No. 20 of 2016 paragraph (1) concerning brands. The obstacles faced are in the implementation of legal protection for brand holders, including the lack of socialization of the trademark law and not enough action among law enforcement officers in dealing with trademark infringement. Efforts to overcome legal obstacles in cases of oil brand counterfeiting are carried out by the police and take action to pick up the ball and are supported by cooperation with competent parties in the field of trademarks, namely the Directorate General of Intellectual Property Rights.
Keywords: Crime, Counterfeit, Brand, Oil.