ABSTRAK
Mafahir , Muhammad Alil . 202 1 . Pengaruh Pembelajaran dengan Media
E-Learning menggunakan Webex dan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran
Administrasi Infrastruktur Jaringan Pada Siswa PKL SMK Ihyaul Ulum Ditinjau
Dari Kemandirian Belajar . Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program
Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Muchlas
Samani, M.Pd. dan (II) Eppy Yundra S.Pd., M.T,Ph.D .
Kata-kata kunci : Media pembelajaran E-Learning,
Webex dan Edmodo, administrasi jaringan,
kemandirian belajar.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh pembelajaran
dengan media E-Learning menggunakan Webex dan Edmodo
dengan pembelajaran berbasis media cetak (print-out ) terhadap hasil
belajar siswa; (2) Pengaruh, siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan
siswa yang memiliki kemandirian rendah terhadap hasil belajar siswa; dan, (3) Interaksi antara siswa yang
melakukan pembelajaran dengan media E-Learning menggunakan Webex
dan Edmodo dengan siswa yang melakukan pembelajaran dengan media
berbasis cetak (print-out ) dengan kemandirian tinggi dan kemandirian
rendah terhadap hasil belajar siswa.
Metode yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimental.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-equivalent Control Group Design dengan desain
penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control
Group Design
dimana subjek penelitian
dibagi menjadi dua kelompok, yaitu : (1) kelompok eksperimen kelas XI TKJ SMK
Ihyaul Ulum; dan (2) kelompok kontrol kelas XI TKJ SMK Sunan Drajat .
Penelitian
menemukan: (1) Terdapat pengaruh pembelajaran dengan media E-Learning
menggunakan Webex dan Edmodo dengan pembelajaran menggunakan
media berbasis cetak (print-out ) terhadap hasil belajar siswa, dengan taraf
sig. nilai kognitif 0,028, nilai afektif
0,015 dan nilai psikomotor 0,042 ; (2) Terdapat
pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi
dan siswa yang memiliki kemandirian rendah pada mata pelajaran administrasi
infrastruktur jaringan dengan taraf sig. nilai kognitif 0,000, nilai afektif 0,000 dan nilai
psikomotor 0,000; dan, (3) 3. Terdapat
interaksi antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan kemandirian
tinggi dankemandirian belajar rendah terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran administrasi dan infrastruktur jaringan dengan signifikansi nilai
kognitif 0,122, nilai afektif 0,125 , dan
nilai psikomotor 0,575.
Penelitian
menyarankan : (1) Diharapkan ada pihak lain yang meneruskan penelitian
ini, dengan menambah referensi-referensi yang relevan; (2) Untuk menerapkan media webex dan edmodo ini, perlu koneksi internet yang stabil, agar
didapat hasil belajar siswa yang lebih baik; (3) Untuk penerapan pembelajaran
ini, siswa perlu diberikan lebih banyak persiapan yang cukup terutama dalam hal
penguasaaan materi dan persiapan aplikasi serta pengoperasiannya.