ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah penerapan model pembelajaran learning cycle 5E pada materi kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dan rancangan penelitian menggunakan one group pretest posttest design. Sasaran penelitian adalah siswa kelas VII-D dan VII-F dengan jumlah 56 siswa di SMP Negeri 3 Kota Mojokerto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan di kelas VII-D dan VII-F yang dianalisis menggunakan N-Gain score. Hasil rata-rata N-Gain score kelas VII-D sebesar 0,69 dan kelas VII-F sebesar 0,67 yang keduanya dengan kriteria sedang. Perbedaan hasil pre-test dan post-test dikatakan signifikan, ditunjukkan dengan hasil uji-t berpasangan di kedua kelas dengan taraf signifikan <0,05 yaitu sebesar 0,000, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa dapat meningkat signifikan dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E.
Kata Kunci : learning cycle 5E, keterampilan proses sains, kalor dan perpindahannya
ABSTRACT
This study aims to describe the improvement of students' science process skills towards the application of the model 5E learning cycle in the heat material and its displacement. The type of this study was pre-experimental design with a one group pretest posttest design. The research sample was students of class VII-D and VII-F with a total of 56 students in SMP Negeri 3 Kota Mojokerto. Methods of data collection using the test method carried out before and after learning. The results of this study indicate that science process skills of students in class VII-D and VII-F were analyzed using the N-Gain score, obtained that students' science process skills experienced improvement in both classes. The average N-Gain score of class VII-D is 0.69 and class VII-F is 0.67, both of which are of moderate criteria. The difference in the results of the pre-test and post-test is said to be significant, indicated by results of paired t-test in both classes with a significant level of <0,05 which is 0,000, this indicatesthat there are significant differences between the pre-test and post-test values. Based on the result of the study it can be concluded that students’ science process skills can be significanly improved by using the learning cycle 5E model.
Keywords : learning cycle 5E model, Science Process Skills, Heat and Displacement.