ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN PUBLIK PADA DESA HARGOMULYO KECAMATAN KEDEWAN KABUPATEN BOJONEGORO
ANALYSIS OF COMMUNITY SATISFACTION WITH PUBLIC SERVICES IN HARGOMULYO VILLAGE, KEDEWAN DISTRICT, BOJONEGORO DISTRICT
ABSTRAK
Nama : Lukman Syahyudi
NIM : 21080574254
Program Studi : S-1
Fakultas : Ekonomika dan Bisnis
Institusi : Universitas Negeri Surabaya
Pembibing : Dr. Sanaji, S.E., M.Si
Pelayanan sangat di butuhkan dalam segala aspek kehidupan. Begitu juga dengan pelayanan publik oleh pemerintah. Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan upaya negara untuk memenuhi kebutuhan dasar dan hak-hak sipil setiap warga negara. Melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara pemerintah mengeluarkan peraturan mentri no. 14 tahun 2017 tentang penyusunan Indek Kepuasan Masyarakat unit penyelenggara pelayanan public, peraturan ini sebagai dasar hukum dan pedoman yang di gunakan untuk penilaian kepuasan Masyarakat. Tidak terkecuai Pemerintahan Desa Hargomulyo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa puas Masyarakat terhadap pelayanan publik yang di berikan oleh Pemerintah Desa Hargomulyo
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah Masyarakat Desa Hargomulyo yang datang ke kantor Balai Desa untuk mengurus pelayanan publik yang berjumlah 100 orang. Data yang di peroleh di olah dengan menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat PERMENPAN-RB No.14 tahun 207 dan Matrik Kinerja Kepentingan. Hasil penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan Pemerintah Desa Hargomulyo Kecamatan Kedewan masuk dalam kategori “Baik”, dengan nilai 77,45 dengan nilai Interval 3,098. Pada analisis Matrik Kinerja Kepentingan di temukan perbaikan pada unsur yang masuk pada Kuadran A yaitu pada unsur Penanganan pengaduan layanan serta pada unsur Sarana & Prasarana.
Kata kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat, Matrik Kinerja Kepentingan, Pelayanan Publik.
ABSTRACT
Name : Lukman Syahyudi
Study Program : Bachelor's degree
Faculty : Economics and Business
Institution : Surabaya State University
Supervisor : Dr. Sanaji, S.E., M.Sc
Service is needed in all aspects of life. Likewise with public services by the government. The provision of public services is the state's effort to fulfill the basic needs and civil rights of every citizen. Through the Ministry of State Apparatus Empowerment, the government issued ministerial regulation no. 14 of 2017 concerning the preparation of the Community Satisfaction Index for public service delivery units, this regulation is the legal basis and guidelines used for assessing community satisfaction. The Hargomulyo Village Government, Kedewan District, Bojonegoro Regency, is no exception. The aim of this research is to find out how satisfied the community is with the public services provided by the Hargomulyo Village Government
This research uses quantitative descriptive research. The respondents in this research were the Hargomulyo Village Community who came to the Village Hall office to take care of public services, totaling 100 people. The data obtained was processed using the Community Satisfaction Index PERMENPAN-RB No.14 of 207 and the Interest Performance Matrix. The results of this research are that the quality of government services in Hargomulyo Village, Kedewan District, is in the "Good" category, with a score of 77.45 with an interval value of 3.098. In the analysis of the Performance Performance Matrix, improvements were found in the elements included in Quadrant A, namely in the Handling of Service Complaints element and in the Facilities & Infrastructure element.
Keywords: Community Satisfaction Index, Interest Performance Matrix, Public Services.