ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO BERBANTUAN MODUL MATERI POKOK TEKS RECOUNT MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA
Nama : Dwi Meytasari
NIM : 15010024018
Program Studi : S-1 Teknologi Pendidikan
Jurusan : Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. H. Lamijan Hadi Susarno.,M.Pd
Tujuan penelitian ini menghasilkan media audio berbantuan modul pembelajaran yang layak dan efektif digunakan pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Kelayakan media diperoleh berdasarkan hasil angket ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media, dan beberapa tahap uji coba. Sedangkan untuk menilai keefektifan media didapat dari perbandingan hasil pre-test dan post-test pada uji coba lapangan yang dihitung menggunakan rumus t-test.
Penelitian ini menggunakan tahapan model pengembangan Pustekkom (Bambang Warsita 2008). Model pengembangan ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu 1) tahap perancangan, terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, penyusunan GBIM, dan penulisan naskah; 2) tahap produksi, terdiri dari persiapan, pelaksanaan, penyelesaian; dan 3) tahap evaluasi, terdiri dari evaluasi ahli, evaluasi orang per orang, evaluasi kelompok kecil, dan uji coba lapangan.
Hasil uji validasi kelayakan media audio berdasarkan hasil perhitungan angket ahli materi I dan II adalah 100%, ahli media I dan II 98.9%, evaluasi orang per orang 98.61%, evaluasi kelompok kecil 96.13%. Hasil uji validasi kelayakan media modul berdasarkan hasil perhitungan angket ahli materi I dan II adalah 97.7%, ahli media I dan II 99.1%, evaluasi orang per orang 98.00% dan evaluasi kelompok kecil 97.50%. Hasil nilai post-test kelas eksperimen dan kontrol menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 5%, sehingga diperoleh t tabel = 2.002. (1) perolehan audio t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 9.690 > 2.002. (2) perolehan modul t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4.499 > 2.002, sehingga media audio berbantuan modul materi pokok teks recount mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya yang dikembangkan layak dan efektif digunakan pada pembelajaran.
Kata kunci: audio, modul, teks recount, Bahasa Inggris.
ABSTRACT
DEVELOPMENT OF AUDIO MEDIA BASED ON RECOUNT TEXT LEARNING MODULE FOR ENGLISH SUBJECT MULTIMEDIA X GRADERS AT SMK MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA
Name : Dwi Meytasari
SID : 15010024018
Study Program : S-1 Teknologi Pendidikan
Major of Study : Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Faculty : Ilmu Pendidikan
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Counsellor : Drs. H. Lamijan Hadi Susarno.,M.Pd
The purpose of this research is to produce audio media based on recount text learning module for English Subject Multimedia X Graders at SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. The feasibility of the media is obtained based on the results of the material expert questionnaire, instructional design experts, media experts, and several trials stages. While to assess the effectiveness of the media obtained from the comparison of the post-test results in the field trials calculated using the t-test formula.
This research uses the development model of Pustekkom (Bambang Warsita, 2008). This development model consists of three stages, namely 1) The design phase, consisting of the stages of needs analysis, preparation of the GBIM, and script writing; 2) the production stage, consisting of preparation, implementation, completion; and 3) evaluation phase, consisting of expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation, and field trials.
The result of audio media feasibility validation test based on the result calculation of material experts questionnaire 100%, media experts 98.9%, one-to-one evaluation 98.61%, small group evaluation 96.13%. The result of module media feasibility validation test based on the result calculation of material experts questionnaire 97.7%, media experts 99.1%, one-to-one evaluation 98.00%, and small group evaluation 97.50%.
The results from experiment and control class post-test formulated by t-test with t valued 5%, so that t table = 2,002. (1) this audio yield t result bigger than t table, which is 9.690 > 2.002. (2) this module yield t result bigger than t table, which is 4,499 > 2,002, so that audio media based on recount text learning module for English Subject at SMK Muhammadiyah 2 Surabaya were developed effective to use in learning.
Keywords: audio, modul, recount text, English