PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN WARTO FURNITURE
Consumer Perceptions of Product Quality in Increasing Purchasing Decisions at Warto Furniture
Nama : Siti Munawaroh
NIM : 21080574226
Program Studi : S1-Managemen
Jurusan : Managemen
Fakultas : Ekonomika dan Bisnis
NamaLembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Widyastuti, S.Si., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dalam meningkatkan keputusan pembelian pada warto furniture. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah apakah kualitas produk berperan dalam Meningkatkan keputusan pembelian pada Warto Furniture.
Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berupa data angka dan kualitatif yang diangkakan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data statistik deskripstif. Pada penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 50 orang konsumen UD. Warto Furniture sebagai sampel, dimana Teknik pengampilannya menggunakan purposive sampling Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Indikator yang mempunyai skor tertinggi pada variabel Kualitas Produk adalah indikator kualitas produk dengan pernyataan “Produk UD Warto Furniture Awet (tahan lama)”. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat regresi antara kualitas produk dan keputusan pembelian. Hasil uji regresi linier berganda bahwa Kualitas Produk (X) memiliki nilai koefisien sebesar 0,336. Hal ini menandakan bahwa koefisien variabel Kualitas Produk (X) memiliki pengaruh positif (searah) terhadap Keputusan Pembelian (Y). apabila kualitas produk bertambah satu satuan, maka keputusan pembelian akan bertambah sebesar 0,336 satuam. Artinya semakin tinggi nilai kualitas produk, maka semakin tinggi keputusan pembelian..
Kata kunci : Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
Munawaroh, Siti. 2023. Consumer Perceptions of Product Quality in Increasing Purchasing Decisions at Warto Furniture. Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Surabaya State University. Supervisor Widyastuti, S. Si, M. Si.
This study aims to determine the effect of product quality in increasing purchasing decisions at warto furniture. The background of the problem in this study is whether product quality plays a role in increasing purchasing decisions at Warto Furniture.
This research is a quantitative research in the form of numerical and qualitative data. The analysis technique used is descriptive statistical data analysis. In this study, a sample of 50 furniture industries in Bojonegoro was used as a sample, where the sampling technique used was purposive sampling. The instrument used in this study was a questionnaire. The data analysis technique used deskriptif analysis.
The results of the study show that product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions. The indicator that has the highest score on the Product Quality variable is the product quality indicator with the statement "UD Warto Furniture Products are durable (durable)". This indicates that there is a regression between product quality and purchasing decisions. The results of the multiple linear regression test show that Product Quality (X1) has a coefficient value of 0.336. This indicates that the coefficient of the Product Quality variable (X1) has a positive (unidirectional) influence on Purchase Decision (Y). if the quality of the product increases by one unit, then the purchase decision will increase by 0.336 units. This means that the higher the value of product quality, the higher the purchase decision.
Keywords: Product Quality, Purchase Decision