Perancangan Media Promosi Nanistika Homemade Bakery
Persaingan bisnis semakin ketat, terlebih bagi UMKM dan UKM di Indonesia. Salah satu persoalan yang kerap dirasakan oleh pelaku usaha kecil ialah pada saat mereka hendak mempromosikan produknya, sebagaimana yang dirasakan oleh Nanistika Homemade Bakery. Hal ini terjadi akibat keterbatasan sarana dan kurangnya kemampuan dalam membuat media promosi yang menarik dan efektif. Sehingga untuk dapat bertahan, Nanistika Homemade Bakery memerlukan inovasi dalam melakukan promosinya. Di era kini kegiatan promosi tidak terbatas pada media konvensional saja, tetapi juga dapat dilancarkan melalui media digital, salah satunya media sosial. Penelitian ini mempunyai tujuan akan pemahaman mengenai konsep, proses, serta visualisasi media promosi sebagai upaya meningkatkan penjualan Nanistika Homemade Bakery. Metode penelitian kualitatif diterapkan dalam proses pengumpulan data, sedangkan teknik SWOT digunakan sebagai metode analisis data. Hasil perancangan dalam penelitian ini merupakan media promosi through the line berupa status dan Katalog WhatsApp sebagai media primer, serta media promosi berjenis below the line berupa media cetak yakni banner, flyer, dan kartu nama sebagai media sekunder.
Business is getting tough, especially for MSMEs and SMEs in Indonesia. One of the difficulties often experienced by many small businesses is when they want to promote their products, like what happened to Nanistika Homemade Bakery. It happens due to limited facilities and a lack of abilities to create attractive and efficient promotional media. To survive, Nanistika Homemade Bakery requires innovation in its promotion. Currently, there are some ways to promote a business. Not only done through conventional media but also through digital media, including social media. The following research aims to determine how the concept, process, and visualization of promotional media as an attempt to increase sales of Nanistika Homemade Bakery. Qualitative research methods are applied in the data collection process, while the SWOT technique is used as a data analysis method. The results of the design in this study are through-the-line promotional media in the form of WhatsApp status and catalogues as primary media, as well as below-the-line promotional media in the form of print media like banners, flyers, and business cards as secondary media.