Pengembangan Multimedia Interaktif Motif Batik Sidoarjo Untuk Pembelajaran Seni Rupa Di Sekolah Menengah Pertama
Developing Sidoarjo Batik Pattern Interactive Multimedia for Learning Visual Arts in Junior High Schools
ABSTRAK
Fahmi, Yasinda Widya. 2020. Pengembangan Multimedia Interaktif Motif Batik Sidoarjo Untuk Pembelajaran Seni Rupa Di Sekolah Menengah Pertama. Tesis, Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Djuli Djatiprambudi, M.Sn. dan (2) Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd.
Kata-kata Kunci: multimedia interaktif, motif batik, motif batik Sidoarjo
Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan multimedia interaktif pembelajaran motif batik Sidoarjo di SMP yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga membantu pengajar dalam menyampaikan materi pelajaran. Media pembelajaran yang dibuat ini dibuat dengan mengkombinasikan macam macam obyek multimedia, yaitu teks, gambar, animasi, audio, video, dan tombol interaktif, selain itu juga untuk mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran ini.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Hang Tuah 6 Sidoarjo. Merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development). Obyek penelitian adalah media pembelajaran motif batik Sidoarjo. Tahap penelitian meliputi define (tahap pendefinisian produk), design (tahap perancangan produk), develop (tahap pengembangan prduk), dan disseminate (tahap penyebaran produk) atau lebih dikenal dengan isitilah 4D. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Hang Tuah 6 Sidoarjo Tahun Ajaran 2019-2020 sebanyak 80 siswa.
Multimedia interaktif motif batik Sidoarjo ini berhasil membuat peserta didik berkarya menggunakan motif batik Sidoarjo pada bahan buatan. Ada lima belas jenis motif batik Sidoarjo yang bisa digambar oleh peserta didik pada bahan buatan. Secara umum Multimedia interaktif motif batik Sidoarjo untuk pembelajaran seni rupa di SMP ini memiliki nilai di atas target prosentase ketuntasan klasikal dengan rerata ketuntasan dari empat kelas yakni 86,25%. Dari 13,75% peserta didik yang belum tuntas karena belum terbiasa menggambar motif batik dan belum terbiasa menggunaan bahan serta alat menggambar yang ditentukan. Dari proses daptasi yang lama tersebut mengakibatkan siswa membutuhkan waktu mengerjakan yang lebih panjang.
Selain itu, Multimedia interaktif motif batik Sidoarjo ini dapat memberikan banyak kemudahan-kemudahan. Akses pengunduhan media pada dunia siber dapat dilakukan dengan mudah yakni dengan cara masuk pada link google drive yang telah dibagikan oleh peneliti. Dikaitkan dengan kondisi pada saat ini yang diharuskan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) sistem daring (dalam jaringan), pemanfaatan teknologi sangat diperlukan. Materi-materi pembelajaran interaktif dapat diakses dengan mudah oleh siswa dari rumah. Multimedia interaktif ini tidak perlu lagi menghadirkan sosok guru dalam pengoperasiannya. Siswa hanya perlu membaca petunjuk penggunaan dan selebihnya dapat dengan leluasa mengoperasikan media tanpa khawatir terjadi error atau kerusakan media saat pemakaian.
ABSTRACT
Fahmi, Yasinda Widya. 2020. Developing Sidoarjo Batik Pattern Interactive Multimedia for Learning Visual Arts in Junior High Schools. Thesis, Visual Arts Education Study Program, Postgraduate, Universitas Negeri Surabaya, Advisors: (1) Dr. Djuli Djatiprambudi, M.Sn. and (2) Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd.
Key words: interactive multimedia, batik motif, Sidoarjo batik pattern
This study aims to create and develop interactive multimedia for learning Sidoarjo batik patterns in junior high schools that can be used to support teaching and learning process so that it helps teachers in delivering teaching material. This learning media is made by combining various kinds of multimedia objects, namely texts, images, animation, audio, video, and interactive buttons, as well as to find out the feasibility of this learning multimedia.
This research was conducted at SMP Hang Tuah 6 Sidoarjo. It employed Research and Development as research design. The research object was Sidoarjo batik pattern learning media. The research stage includes defining (product definition stage), designing (product design stage), developing (product development stage), and disseminating (product distribution stage) or known as 4D terms. The population was 80 seventh grade students of SMP Hang Tuah 6 Sidoarjo for the 2019-2020 academic year.
This interactive multimedia Sidoarjo batik pattern succeeded in making students produce a work using Sidoarjo batik patterns on artificial materials. There were fifteen types of Sidoarjo batik patterns that students could draw on artificial materials. In general, interactive multimedia with Sidoarjo batik pattern for learning fine arts at SMP had a value above the target percentage of classical completeness with the completeness average of the four classes, which were 86.25%. 13.75% of students did not finish the work because they were not used to drawing batik patterns and using the specified drawing materials and tools. From this long adaptation process, students need more time to work on it.
In addition, interactive multimedia Sidoarjo batik pattern can provide many conveniences. Access to media download in cyberspace can be done easily, namely by entering the Google Drive link that has been shared by researchers. In accordance with the current conditions which require to carry out distance learning and online systems (in the network), the use of technology is very necessary. Interactive learning materials can be accessed easily by students from home. This interactive multimedia no longer needs teacher’s presence in its operation. Students only need to read the instructions to use the media and they can freely operate the media without being worried about any errors or damages to the media during its use.