Abstrak
Penelitian pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk : (1) Agar dapat mengetahui tingkatnkelayakan media pembelajaran Si Mega berbasis Android untukmmeningkatkan hasilnbelajar mata pelajarannIPA materiigaya. (2) Meningkatkan hasilnbelajar siswa mataipelajaran IPA materiigaya pada siswaikelas IV di SDN Kebraon I Surabaya.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan model pengembangan Plomp & Nieveen. Pengembangan media pembelajaran pembelajaran Si Mega berbasis Android dengan lima fase. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran Si Mega berbasis Android berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba kepada subjek uji coba menggunakan kuisioner. Subjek uji coba yaitu siswa kelas IV di SDN Kebraon I Surabaya. Dan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang materi gaya yang didapatkan dari hasil pre-test dan post-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran Si Mega berbasis Android dinyatakan layak melalui pengujian para ahli dan peserta didik. Persentase yang dicapai dari ahli materi sebesar 76,9% yang dapat diartikan media Si Mega tersebut layak. Dan persentase dari ahli media sebesar 76,7% yang dapat diartikan media pembelajaran Si Mega tersebut layak. Hasil yang diperoleh dari subjek penelitian menggunakan lembar kuisioner sebesar 82,3% dikatakan media pembelajaran Si Mega layak. Untuk hasil dari nilai pre-test sebesar 62,25 dan hasil nilai post-test sebesar 82,5, ini membuktikan nilai dari siswa meningkat sehingga media pembelajaran Si Mega terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Media Android, Si Mega, materi gaya, mata pelajaran IPA
Abstract
The aim of this research are in order to : (1) Know the feasibility of the android-based learning media- Si mega to improve the students’ learning outcomes. (2) Improve the fourth graders’ science learning outcomes.
This research was develop in a Plomp & Nieveen developmental model. The development of this media are divided into five phases. The determination of this media’s feasibility were based on the experts’ validation test and subjects’ trial test to the by using questionnaires. The subjects of this research were IV graders of Kebraon I Surabaya Elementary School. Lastly, to measure the students’ understanding, the researcher obtained fthe data from the results of the pre-test and post-test.
Moreover, the results showed that the android based learning media-Si Mega was feasible based on the test which have done by the experts. It showed 76.9% from the material exprets, and 76.7% from the media expert. The data which were obtained trough the questionnaire showed that 82.3% of the data said that Si Mega learning media was feasible. The feasibility also can be seen through the result of the pretest and posttest score. The data of showed 62.25 for and the results of the postpretest and 82.5 for post test. It exactly proved that the use of Si Mega learning media was feasible and it aslo can improve the students’ llearning outcome.
Keywords: Android media, Si Mega, Force, science