ANALISIS PERILAKU BRAND SWITCHING DENGAN METODE RANTAI MARKOV
ANALYSIS OF BRAND SWITCHING BEHAVIOR WITH THE MARKOV CHAIN METHOD
Rantai markov merupakan sebuah metode yang mengkaji tentang sifat dari suatu variabel pada saat ini yang didasari oleh sifat dari masa lalu dalam upaya memprediksi sifat dari variabel tersebut di masa depan. Dalam kehidupan sehari-hari rantai markov dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pengambilan keputusan pada beberapa bidang, salah satunya pada bidang ekonomi yaitu untuk menganalisis perilaku perpindahan merek. Brand switching merupakan suatu aktivitas dari konsumen yang melakukan perpindahan merek dari merek yang satu ke merek yang lain dengan berbagai alasan. Perilaku ini merupakan ancaman yang berbahaya dalam dunia bisnis karena jika tidak bisa memuaskan konsumen maka perusahaan pesaing mungkin akan mendapatkan keuntungan secara tidak langsung. Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa mempertahankan pelanggan adalah strategi pemasaran yang lebih murah dan efisien dibandingkan dengan menemukan pelanggan baru. Pada penelitian ini akan dianalisis perilaku perpindahan merek selama periode satu tahun dari nasabah layanan perbankan. Untuk menganalisis perilaku perpindahan merek dengan menggunakan metode ini, langkah pertama yang dilakukan adalah menyusun tabel perpindahan merek, setelah itu menghitung probabilitas dari setiap state untuk dibuat matriks probabilitas transisi, kemudian mencari kondisi steady state. Dari 25 data diperoleh hasil yaitu kondisi steady state dicapai pada periode ke-8 dengan nilai probabilitas masing-masing layanan perbankan yaitu untuk bank A = 0.2817, bank B = 0.3565, bank C = 0.1049, dan bank D = 0.2569. Sehingga dapat dilihat bahwa bank B merupakan layanan perbankan yang menjadi pilihan utama dimasa depan dibandingkan dengan layanan perbankan yang lain, kemudian disusul dengan bank A, bank D dan bank C.
Kata kunci: rantai markov, brand switching, steady state, matriks probabilitas transisi
Markov chain is a method that explain the character of a variable at this time which is based on the character of the past in an effort to predict the character of the variable in the future. In daily life, markov chain can be used as a tool in decision making in several sectors, one of which is in the economics sector to analyze brand switching behavior. Brand switching is an activity of consumers who move brands from one brand to another brand for various reasons. This behavior is a dangerous threat in the business because if it cannot satisfy consumers, the other company may benefit indirectly. In another study, it was said that retaining customers is a cheaper and more efficient strategy than finding new customers. This study will analyze the brand switching behavior during one year from banking service customers. To analyze using this method, the first step is make a brand switching table, then calculate the probability of each state to create a transition probability matrix, then look for steady state conditions. From 25 data, the results are that the steady state condition is achieved in the period 8th with the probability value of each bank, for bank A = 0.2817, bank B = 0.3565, bank C = 0.1049, and bank D = 0.2569. So it can be seen that bank B is a banking service that will be the main choice in the future, then followed by bank A, bank D and bank C.
Keywords: markov chain, brand switching, steady state, transition probability matrix.